Lihat ke Halaman Asli

Madu yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Tubuh Kita

Diperbarui: 8 Maret 2023   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Karena penggunaannya yang luas dan manfaat sehat yang tinggi, madu menawarkan banyak manfaat. Rasa manis madu sering disandingkan dengan makanan dan minuman. Berikutnya adalah beberapa dari sekian banyak manfaat madu dari bahan-bahan alami ini untuk kecantikan dan kesehatan.

1. Mengurangi Kolesterol

Berbagai penyelidikan telah menemukan hubungan antara penggunaan madu dan kadar kolesterol. Madu diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Madu dan gula diperiksa dalam pemeriksaan terhadap 55 pasien. Kemudian lagi, madu meningkatkan kolesterol HDL sebesar 3,3% sambil menurunkan kolesterol LDL sebesar 5,8%. Selain itu, penggunaan madu mendorong penurunan berat badan sebesar 1,3%.

2. Kesejahteraan Jantung

Madu sering dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih berkembang mengingat tiga manfaat sebelumnya. Risiko penyakit jantung yang lebih rendah juga dikaitkan dengan kadar fenol yang lebih tinggi dan senyawa penguat sel lainnya. Madu dikenal membantu perkembangan pembuluh darah di jantung, yang dengan demikian meningkatkan jumlah darah yang sampai ke jantung. Madu juga dapat mencegah pembentukan gumpalan darah, yang dapat menghentikan serangan jantung dan stroke.

3. Peningkatan Pembuatan Kerangka Kebal

Honey juga diingat memiliki kemampuan untuk melakukan ini. Nutrisi dan suplemen yang terdapat dalam madu dapat membantu daya tahan tubuh. Jika madu dikonsumsi secara rutin maka tubuh akan bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Mengurangi Sakit Tenggorokan dan Sakit Pernapasan

Peretasan dan sakit tenggorokan jelas merupakan dua masalah medis yang sering memengaruhi banyak orang. Keduanya terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah mengonsumsi jenis makanan yang kurang sehat. Kondisi saluran pernapasan dapat diobati dengan madu murni. Berbagai penelitian telah menunjukkan cara madu dapat mengobati penyakit pernapasan dan batuk.

5. Ikuti Kesehatan Mulut dan Aroma Mulut

Jika Anda mengalami bau mulut, coba campurkan satu cangkir air, satu sendok teh madu mentah, dan satu sendok teh lemon. Setelah tiga menit muntah, berhentilah. Napas yang mengerikan akan lenyap.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline