Lihat ke Halaman Asli

PPK ORMAWA HMP PLB UPY

Universitas PGRI Yogyakarta

Tingkatkan Kreativitas Masyarakat Disabilitas, Tim PPK ORMAWA HMP PLB UPY Gelar Pelatihan Pembuatan Ecoprint di Kelurahan Bangunjiwo

Diperbarui: 22 September 2024   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi PPK ORMAWA HMP PLB UPY

Minggu, 15 September 2024, Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas PGRI Yogyakarta mengadakan pelatihan pembuatan ecoprint yang bertempat di Monumen Apsari, Padukuhan Kalirandu, Kelurahan Bangunjiwo. 

Kegiatan ini dirancang untuk memberikan keterampilan baru kepada masyarakat disabilitas Bangunjiwo. Pelatihan ini menggunakan teknik sederhana yaitu teknik kukus atau steaming dengan media kain katun dan teknik pukul atau atau pounding dengan menggunakan media totebag belacu. 

Selama acara, peserta terlebih dahulu mendapatkan penjelasan rinci tentang proses pembuatan ecoprint, kemudian langsung mempraktikannya dengan bantuan alat dan bahan yang telah disediakan oleh tim PPK ORMAWA HMP PLB UPY. Seluruh peserta termasuk masyarakat disabilitas, kader IMP, dan anak-anak sekitar, menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi, terlihat dari semangat dan kegembiraan mereka selama pelatihan.

Dokumentasi Pribadi PPK ORMAWA HMP PLB UPY

Seorang peserta dengan down syndrom mengungkapkan perasaannya, "Besok aku kesini lagi ya, senang ada banyak teman." Penuh dengan senyuman dan semangat berkegiatan, peserta menunjukkan minat yang besar untuk menguasai keterampilan baru ini.

Keberhasilan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat disabilitas di Kelurahan Bangunjiwo dengan meningkatkan keterampilan dan kreativitas mereka. Di masa depan, keterampilan pembuatan ecoprint ini diharapkan dapat membuka peluang usaha baru, membantu peserta untuk lebih produktif dan mandiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline