Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Apa Itu HIV?

Diperbarui: 16 April 2019   07:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

HIV/ AIDS merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya karena menyebabkan angka kematian yang tinggi. Di Indonesia pada tahun 2017 proyeksi jumlah orang dengan HIV/AIDS pada umur >15 tahun sebanyak 628.492 orang dengan jumlah infeksi baru 46.357 orang dan kematian sebanyak 40.468 orang.  Angka ini cenderung akan meningkat jika tidak segera dilakukan tindakan tindakan yang dapat mengendalikan penyebaran penyakit.

APA itu HIV/AIDS ?

HIV/ AIDS  adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi Human Innunodefficiency Virus (HIV) yang menyerang sistem kekebalan tubuh mengakibatkan penedrita mengalami penurunan ketahanan tubuh sehingga mudah terinfeksi berbagai macam penyakit (Kemenkes, 2017). 

HIVmenargetkan sistem kekebalan tubuh dan melemahkan sistem pertahanan manusia terhadap infeksi dan beberapa jenis kanker. 

Tahap infeksi HIV paling lanjut adalah Acqiired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) yang bisa memakan waktu 2 hingga 15 tahun untuk berkembang tergantung individu. AIDS di definisikan oleh perkembangan kanker tertentu, infeksi, atau manifestasi klinis parah lainya (WHO, 2016).

Tanda dan gejala pasien yang terinfeksi HIV sebagai berikut :

  • Beberapa minggu pertama setelah infeksi awal orang mungkin tidak mengalami gejala atau penyakit seperti influenza termasuk demam, sakit kepala, ruam atau sakit tenggorokan.
  • Ketika infeksi semakin melemahkan sistem kekebalan tubuh, seseorang dapat mengembangkan tanda dan gejala lain seperti pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan, demam, diare, dan batuk
  • Tanda pengobatan seseorang yang terinfeksi dapat berkembang penyakit parah seperti TBC, meningitis kriptococcus, infeksi bakteri parah dan kanker seperti limfoma dan sarkoma kaposi.

tanda dan gejala dimulai beberapa minggu sampai bulan sebelum munculnya infeksi , gejala tersebut diantaranya demam, kepayahan, keletihan, keringat malam, penurunan Berat Badan, diare lama jamur pada rongga mulut

Cara penularan virus HIV melalui hubungan sex, transfusi darah, penggunaan jarum suntik bergantian dan penularan dari ibu ke bayi. Seseorang tidak dapat terinfeksi melalui kontak sehari hari seperti mencium, berpelukan, berjabat tangan atau berbagi benda pribadi, makanan atau air.

ANDA BERESIKO??

Bagi anda yang beresiko jangan berasumsi sendiri segera lakukan test, pada era sekarang anda dapat melakukan testing dengan mudah. berbagai pelayanan kesehatan sudah menyediakan test untuk hiv ini biayanya pun tidak mahal bahkan gratis jika anda melakukan tes di puskesmas. 

Anda tidak perlu khawatir orang akan mengetahui hasil test anda karena dapat dipastikan bahwa hasil tes anda adalah RAHASIA dan tidak ada yang berhak mengetahui hasilnya kecuali anda sendiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline