Lihat ke Halaman Asli

KKN-Kolaborasi 179 Lakukan Pelatihan Membuat Tabungan Kardus Bekas bagi Siswa SDN Sumberjeruk 03

Diperbarui: 7 Agustus 2023   07:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Tabungan (Dokpri)

Menabung merupakan salah satu cara atau kegiatan sederhana dalam mengelola finansial (keuangan) yang dapat dilakukan sejak usia dini. Menabung dapat diartikan menyisihkan sebagian uang dari seseorang yang disimpan dalam kurun waktu tertentuyang dapat dimanfaatkanuntuk kebutuhan dimasa depan. Tujuan dari menabung untuk membantu anak belajar menghemat dan mandiri dalam mengatur atau mengelola segala sesuatu terkait keuangannya sejak dini agar dapat mengatur penggunaan uang dengan baik.

Pelaksanaan sosialisai ini adalah salah satu cara untuk dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai cara menabung dan meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menabung sejak dini. Ketika siswa memiliki kesadaran bahwa menabung sejakn dini merupakan hal penting maka siswa akan termotivasi deangan nilai membiasakan diri untuk menabung. 

Sosialisasi menabung sejak dini dilaksanakan di SDN Sumberjeruk 03 untuk siswa kelas 4,5 dan 6 pada Senin (24/7/2023). Sosialisai ini mengajarkan mereka untuk hidup hemat melalui cara menabung agar hidup konsumtif yang tidak bermanfaat dapat diminimalisir. Manfaat menabung agar lebih terasa ketika dilkukan secara rutin dan tekun. Mahasiswa KKN-K 179 menyelenggarakn program sosialisasi ini bertujuan memberikan siswa untuk belajar dengan mengembangkan diri melalui kreativitas dengan membuat tabungan berbahan dasar kardus bekas.

Susunan kegiatan sosialisai diawali deangan melakukan koordinasi kepada pihak sekolah dan guru SDN Sumberjeruk 03 untuk memohon izin dan berdiskusi mengenai penentuan jadwal pelaksanaan. Program sosialisai ini doawali dengan pemaparan materi yang berisi tentang pengertian menabung, cara menabung, tujuan menabung, manfaat menabung, dan pentingnya menabung. Kemudian siswa diajarkan cara pembuatang tabungan dari kardus bekas. Seluruh siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembuatan tabungan. Dimulai dari membuat kerangka tabungan, memotong kardus, merangkai dan menempel hingga menghias dengan tujuan agar tabungan tesebut tampak lebih menarik.

Cara membuat tabungan kardus bekas :

1. Siapkan alat dan bahan (gunting, kardus, kertas kado, lem, pita, penggaris, dan pensil)

2. Buat pola kardus sebagai sisi samping dengan ukuran kardus 15 x 10 cm sebanyak 4 buah

3. Ukur kardus untuk bagian atas dan bawah sebagai penutup dengan ukuran 10 x 10 cm 

4. Potong kardus yang telah diberi pola

(Dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline