Lihat ke Halaman Asli

#30. Berbisnis Karena Kolusi

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14198748262129536999


Bisnis yang baik seharusnya tumbuh dari bawah. Artinya, tumbuh dengan mengandalkan kekuatan sendiri. Dengan demikian produk dan pelayanan yang ditawarkan benar-benar memenuhi standar kualitas pasar yang dituju. Selain itu, melalui kemandirian bisnis akan lebih mudah bermanuver, lebih natural sebab apa yang ditawarkan sesuai kompensi yang dimiliki tanpa harus mengekor pada patronnya.



Sebaliknya memulai bisnis karena kolusi memiliki risiko yang tidak kecil, bayangkan anda mungkin ”terpaksa” berbisnis pada pasar yang tidak anda kenal namun harus melakukannya karena garansi pihak tertentu. Produk dan pelayanan yang ditawarkan bisa saja sekenanya atau kurang memenuhi standar tertentu sebab yang di layani adalah captive market yang tidak punya pilihan. Suatu saat jika partner kolusi sudah tidak memiliki kekuatan, maka hilang pulalah pasar dan bisnis yang dibangunnya.



Beberapa bisnis tipe seperti ini memang akhirnya dapat belajar dan mampu meningkatkan kualitas, namun mereka tidak bisa bertahan lama, karena secara natural tidak memiliki pengalaman berkompetisi yang cukup, dengan kata lain dia akan mati tidak lama setelah patronnya kehilangan pengaruh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline