Lihat ke Halaman Asli

Universitas Negeri Malang Gandeng Perguruan Tinggi Malaysia, Kembangkan Strategi "Brand Switching" Produk untuk Pasar Luas

Diperbarui: 3 November 2024   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Admin

Universitas Negeri Malang (UM), sebagai salah satu perguruan tinggi berbadan hukum di Jawa Timur, terus menunjukkan inovasinya dalam pengembangan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Namun, diakui bahwa masyarakat masih memerlukan dorongan untuk menggunakan produk-produk baru ini. Di sinilah konsep "brand switching" menjadi sangat penting untuk diterapkan.

UM berupaya memahami lebih dalam perilaku brand switching atau perpindahan merek oleh konsumen ketika produk baru hadir. Melalui strategi ini, UM bertujuan untuk menciptakan produk yang lebih menarik dan diterima luas oleh masyarakat. Tentu saja, keberhasilan brand switching ini sangat bergantung pada strategi marketing yang kuat dan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi.

Menindaklanjuti hal tersebut, UM menjalin kolaborasi internasional dengan perguruan tinggi di Malaysia yang dilaksanakan di Uninersitas Negeri Malang. Kolaborasi ini dipimpin oleh Dr. Titis Shinta Dewi dari UM bersama Dr. Abdul Rahim dari Malaysia. Dalam penelitian ini, tim peneliti mencoba menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi brand switching, termasuk dampak pemasaran negatif dan pengalaman negatif konsumen terhadap sebuah produk.

Hasil akhir yang diharapkan dari kolaborasi ini adalah terbentuknya model kampanye yang efektif dalam menyebarluaskan informasi dan memperkuat promosi produk baru UM. Dengan langkah ini, UM optimis dapat mengukuhkan dirinya sebagai perguruan tinggi berbadan hukum yang tak hanya kreatif, namun juga relevan dan inovatif dalam menghadirkan produk berkualitas bagi masyarakat luas.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline