Lihat ke Halaman Asli

Andika Zega

Mahasiswa

Air Terjun Luaha Ndroi, Nias

Diperbarui: 20 Juni 2020   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pulau Nias merupakan satu pulau kecil di Sumatera Utara yang memiliki kebudayaan unik dan banyak potensi pariwisata. Nias terkenal dengan atraksi Lompat batunya (Hombo Batu), bukan hanya di Indonesia tetapi sampai keluar negeri. Ada banyak potensi pariwisata di Nias, selain lompat batu salah satu yang terkenal adalah pantai Sorake di teluk dalam, pantai ini bahkan memikat para turis mancan negara untuk merasakan surfing dengan ombak yang sangat besar dipantai ini.

Dengan banyak nya potensi pariwisata dan banyaknya turis berdatangan, harusnya segala tempat pariwisata harus di kelola dengan baik agar tetap memikat para wisatawan untuk berkunjung.
Air Terjun Luaha Ndroi merupakan satu wisata yang sangat berpotensi dipulau Nias, dan merupakan salah satu yang kurang dikelola. Air Terjun ini terletak di desa Fulolo, kecamatan Alasa, Nias Utara. Berjarak 2 jam perjalanan dari kota Gunungsitoli.

Air terjun ini menawarkan keindahan dan juga ketenangan bagi para pengunjung. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dan ketinggiannya mencapai kurang lebih 17 meter. Dibawahnya terdapat sebuah kolam kecil yang dapat dimanfaatkan para pengunjung untuk berendamdan berenang, kedalamannya kurang lebih 5 meter. Dengan air yang jernih, udara yang segar dan ketenangan yang diberikan, air terjun ini sangat cocok bagi anda yang mencari ketenangan dan ingin menghilangkan stres dari dunia luar yang penat.

Keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini tidak didukung dengan fasilitas yang ada. Akses jalan menuju air terjun ini belum begitu baik, kita harus melewati hutan dan hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda 2. Kemudian tidak adanya lampu penerangan dijalan dan juga sekitar air terjun membuat penglihatan kurang baik jika hari mulai gelap. Fasilita toilet umum juga belum tersedia ditempat ini, oleh sebab itu jika ada pengunjung yang ingin mengganti baju, biasanya menumpang dirumah warga sekitar. Dan juga tidak adanya kedai yang menyediakan makanan dan juga minuman, begitu pula dengan pondok" atau tempat untuk berteduh dikala hujan.

Hal ini sangat disayangkan, kurangnya fasilitas umum di suatu tempat wisata, akan membuat tempat tersebut mulai dilupakan oleh wisatawan. Dengan keindahan yang ditawarkan air terjun Luaha Ndroi ini, kiranya pemerintah bisa lebih memperhatikan dalam pengelolaan fasilitas umum pada tempat wisata. Sekian ulasan saya tentang Air Terjun Luaha Ndroi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline