Lihat ke Halaman Asli

Kolobrasi Mahasiswa KKN PMD UNRAM dengan Kelurahan Lewirato: Pengembangan Tanaman Hidroponik untuk Dasawisma

Diperbarui: 2 Agustus 2024   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pengadaan media tanam hidroponik (16/07/2024)(Dokpri)

Bima, 16 Juli 2024: Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (UNRAM) bekerja sama dengan Kelurahan Lewirato untuk membangun tanaman hidroponik. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan lokal serta persaingan usaha dan memberdayakan kelompok dasawisma.

Kelurahan Lewirato, yang terletak di Kota Bima, memiliki potensi besar untuk pemanfaatan lahan dibidang tanaman seperti sayur-sayuran. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, kelompok dasawisma di kelurahan berinisiatif untuk mengembangkan tanaman hidroponik sebagai alternatif sumber makanan dan mendapatkan sumber tambahan.

Sebagai bagian dari program KKN PMD, mahasiswa UNRAM hadir untuk memberikan pelatihan dan pendampingan teknis kepada masyarakat Lewirato khususnya kelompok dasawisma lewirato. Mahasiswa KKN PMD unram membawa pengetahuan terbaru tentang teknik hidroponik yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Menurut Andika Wisnu Wijaya, koordinator mahasiswa hubungan masyarakat KKN PMD UNRAM, "tujuan kami adalah memberikan keterampilan yang dapat langsung diterapkan oleh anggota kelompok dasawisma. Kami ingin mereka bisa mandiri dan mengembangkan sistem pertanian ini secara berkelanjutan".

Pelatihan yang dilakukan mencakup beberapa aspek penting dari budidaya hidroponik, seperti:

1. Pengenalan Sistem Hidroponik

Mahasiswa memberikan penjelasan serta pamdangan mengenai berbagai jenis sistem hidroponik yang bisa diterapkan di wilayah kelurahan lewirato, seperti sistem rakit apung, sistem pipa hidroponik, NFT (Nutrient Film Technique) merupakan Teknik hidroponik di mana tanaman berdiri di aliran air dangkal yang mengandung semua nutrisi terlarut yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, dan sistem wick.

2. Persiapan Media Tanam

Peserta akan dilatih cara menyiapkan media tanam yang tepat, termasuk memilih unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, antara lain; Penyiapan pupuk, spons, pipa air, tanah, dan aliran listrik yang memadai.

3. Perawatan dan Pemeliharaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline