Lihat ke Halaman Asli

Andika Saputra

Penulis Amatir

Media Sosial dan Perilaku Masyarakat

Diperbarui: 8 Januari 2021   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pemanfaatan Media sosial saat ini telah melesat pesat seiring dengan perkembangan Teknologi informasi dan Komunikasi. Saat ini kita disuguhkan  dengan berbagai kemudahan melalui Teknologi informasi dan komunikasi yang mengalami kemajuan yang begitu signifikan. Baik di media cetak maupun media elektronik semuanya mengalami peningkatan kemajuan, Terlebih lagi media sosial mengalami perkembangan yang sangat luar biasa.  Pada era saat sekarang ini, Media sosial menjadi Teknologi yang diminati dan di gunakan oleh banyak orang karna memiliki ragam manfaat dan memudahkan hajat banyak orang, seperti Penggunaan media Facebook, instagram, whatsapp,Youtube, Telegram dan sederet Aplikasi media sosial lainnya.

Penggunaan Media sosial menjadi sesuatu yang wajib di punyai atau di miliki oleh tiap-tiap orang mengingat media sosial sudah tumbuh menjadi Teknologi yang canggih dan menjadi sarana komunikasi antar manusia. Menurut B.K Lewis  (2010) beliau menuturkan Media sosial adalah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan, berinteraksi,mempropduksi, dan berbagi isi pesan. 

Jadi dapat ditarik kesimpulan “Media sosial adalah sebuah Teknologi berbasis digital yang dapat memungkinkan manusia untuk dapat saling berkomunikasi, memproduksi, dan saling bertukar pesan. Disamping penggunaan media sosial yang menggeliat di tengah masyarakat, tentunya tidak terlepas dari dampak yang mempengaruhi perilaku dan perbuatan masyarakat.  Maka selalu ada dampak yang ditimbulkan dari penggunaan sesuatu, tidak terkecuali media sosial. Sebab media sosial juga memiliki dampak baik dan juga buruk apabila ditinjau dari sisi penggunaannya.

Dampak positif penggunaan media sosial

Media sosial tentunya juga memiliki dampak yang baik apabila digunakan secara bijak dan pintar, sarana komunikasi ini menjadi sebuah keuntungan apabila kita manfaatkan dengan baik dan cerdas. Contoh dampak positif yang bisa kita dapatkan beraneka ragam. Komunikasi menjadi lebih mudah dan lancar menjadi salah satu dampak postitif utama yang diperoleh banyak orang. Informasi menjadi sesuatu yang mudah diperoleh dan di dapatkan, dalam hitungan detik saja kejadian di belahan dunia lain pun bisa kita ketahui dengan cepat. 

Dalam membangun bisinis marketing online, maka media sosial bisa menjadi sarana yang pas untuk memasarkan dan mengiklankan produk yang kita jual, dan tentunya dengan jangkauan yang lebih luas. Itu adalah contoh dari dampak positif penggunaan media sosial, yang sebenarnya masih banyak lagi.

Dampak Negatif Penggunaan Media sosial

Selain adanya dampak positif tentunya dampak negatif juga pasti ada, begitu halnya dengan media sosial, bukan hanya dampak positif yang didapatkan tetapi dampak negatif juga harus siap kita terima. Contoh dampak negatif dari penggunaan media sosial adalah beralihnya kehidupan kepada dunia digital, yang menuntun manusia lebih banyak berinteraksi melalui media sosial daripada dunia nyata. 

Kebebasan berbicara tanpa ada batasan menjadi fenomena umum yang kita saksikan di media sosial sehari-hari, ujaran kebencian, penghinaan, dan pelecehan melalui media sosial kerap kita dapati tiap detiknya. Kehancuran dan keretakan hubungan rumah tangga orang lain menjadi salah satu dampak negatif dari penggunaan media sosial yang sering kita jumpai. Melalui media sosial perceraian bahkan sampai pembunuhan dan pemerkosaan menjadi sesuatu yang lazim kita dengar.

Media sosial membentuk dan mempengaruhi Perilaku Masyarakat

Media sosial yang telah menjadi jembatan komunikasi pada saat ini selain memiliki dampak negatif dan positif Juga dapat membentuk dan mempengaruhi perilaku masyarakat kebanyakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline