Lihat ke Halaman Asli

Andika Bagus

Adalah seorang penulis media masa

Dosen UM Bangun Eco-Smart Rumah Jeruk, Wisata Alam Edukasi dan Spot Foto Perkemahan Bedengan

Diperbarui: 9 November 2021   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dosen UM Bangun Eco-Smart Rumah Jeruk, Wisata Alam Edukasi dan Spot Foto Perkemahan Bedengan

Penelusuran ragam potensi unggulan di Indonesia tidak akan pernah terlepas dari keindahan alamnya. Tentunya bidang pariwisata alam dijadikan ikon unggulan wisata di Indonesia. Pengembangan bidang pariwisata di Indonesia sudah saatnya mengikutsertakan peranan teknologi guna mendobrak kualitas pengelolaannya. Fasilitas-fasilitas dalam dunia pariwisata mestinya menggunakan konsep yang memanjakan untuk wisatawan. Era disrupsi telah mempengaruhi berbagai bidang dalam tatanan kehidupan masyarakat. Bidang pariwisata tentunya tidak terlepas dari fenomena ini. Pemanfaatan peran serta teknologi dalam bidang pariwisata mutlak harus diterapkan. Teknologi dapat mendukung pelayanan wisata yang mampu memberikan kepuasan bagi wisatawan.

Masyarakat perkotaan khususnya era millenial saat ini menggandrungi objek wisata yang berkonsep alam atau biasa dikenal dengan ekowisata. Hal ini dimaksudkan tujuan berwisata tidak hanya sekadar refreshing  melepas penat. Namun, era sekarang ini telah menyatupadukan konsep perubahan paradigma berwisata menjadi pembelajaran yang berkesan. Makna pembelajaran terintegrasi dengan berwisata dijadikan indikator keberhasilan dari pengelolaan smart ecotourism.

Melimpahnya kekayaan alam dan potensi sumber daya alam yang ada membuat setiap daerah di Jawa Timur mulai berkembang pesat dan menunjukan keunggulannya di tiap-tiap sektor. Terutama banyaknya potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Malang Jawa Timur yang kini sudah mulai menampakkan eksistensinya di bidang pariwisata lokal nasional. Kabupaten Malang merupakan kawasan pegunungan tinggi yang terletak di bagian selatan Jawa Timur. Dengan luas wilayah sekitar 2977,05 km2, kabupaten malang terbagi menjadi 33 kecamatan dan 378 desa dengan jumlah penduduk mencapai 2.544.315 jiwa. Daerah ini memiliki puluhan hingga ratusan wisata yang tersebar di berbagai kecamatan maupun desa dengan aneka macam wisatanya. Salah satu yang sudah ada yaitu wisata bumi perkemahan bedengan yang terletak di kecamatan Dau kabupaten Malang. Sesuai dengan namanya bumi perkemahan pastinya identik dengan hutan. Wisata hutan ini menyajikan beragam sajian alamnya yaitu hutan dengan pepohonannya, dan juga sungai yang jernih mengalir.

Berdasarkan hasil analisis dan kajian observasi maka tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Andika Bagus N.R.P., M.Pd. (Dosen Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang) membangun Eco-Smart Rumah Jeruk Sebagai Wisata Alam Edukasi dan Spot Foto di Area Perkemahan Bedengan. 

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan membuatan desain fixed dari Eco-Smart Rumah Jeruk Proses desain dilakukan oleh tim pelaksana. Penentuan desain fixed dengan mengacu pada kondisi tanah dan letak Eco-Smart Rumah Jeruk akan dibangun. Selanjutnya, tim dibantu dengan para tukang/pekerja melakukan proses pembangunan di lokasi yang telah ditentukan di kawasan wisata Bedengan. 

Dosen UM Bangun Eco-Smart Rumah Jeruk, Wisata Alam Edukasi dan Spot Foto Perkemahan Bedengan

Proses pembangunan dilakukan oleh 4 orang tukang dan 3 orang warga sekitar. Proses pembangunan cukup lama juga karena harus menyesuaikan dengan bentuk rancangan desain. Bentuk dibuat semirip mungkin dengan tipe jeruk Bedengan. Proses tersebut dilakukan dengan melakukan proses pengecatan dan penghalusan. Bentuk yang ingin dicapai harus seperti jenis jeruk Bedengan. Hal itu dikarenakan wahana ini nantinya akan dijadikan sebagai icon dari wisata area perkemahan Bedengan. 

Eco-Smart Rumah Jeruk yang telah dibangun mampu menarik lebih banyak para pengunjung area perkemahan bedengan. Selain menjadi wisata edukasi, Eco-Smart Rumah Jeruk juga menjadi area spot foto yang sangat menarik. Para wisatawan bergantian masuk kedalam area Eco-Smart Rumah Jeruk. 

Dosen UM Bangun Eco-Smart Rumah Jeruk, Wisata Alam Edukasi dan Spot Foto Perkemahan Bedengan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline