Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Pertanyaan Efektif dalam Pembelajaran

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Salah satu tujuan belajar adalah mengarahkan peserta didik dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti. Siswa yang heterogen memiliki kemampuan yang heterogen pula. Guru sebagai agen pembelajaran, haruslah merancang strategi sebaik mungkin, agar bisa menaungi semua siswa yang heterogen tersebut. berbagai cara, metode, serta model pembelajaran yang dilakukan, semua itu untuk bisa menggapai tujuan yang harus dicapai oleh siswa. Guru tidak sekedar menyampaikan materi,tetapi juga menggali potensi yang dimiliki peserta didik. Peserta didik itu ibarat batu tambang, semakin diasah, maka semakin berharga nilainya.

Salah satu tugas guru adalah mengarahkan dan mendorong siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pembelajaran yang baik adalah terpusat pada siswa, dimana anak tersebut menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai ilmu pengetahuan, dengan caranya sendiri memahami serta mengaplikasikannya dalam kehidupan. Salah satu cara untuk menggali, mendorong kemampuan siswa adalah dengan bertanya. Ada dua cara yaitu Guru bertanya atau siswa yang bertanya. Bagi guru tidaklah sekedar membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi. Tetapi lebih jauh dari itu, bagaimana suatu pertanyaan itu bisa merangsang dan mendorong daya berpikir siswa lebih jauh. Perlu adanya pertanyaan yang sifatnya memiliki jawaban yang tidak tunggal. Suatu pertanyaan yang merangsang siswa untuk bernalar lebih. Pertanyaan efektif adalah jawaban dari semua ini. Pertanyaan efektif adalah suatu pertanyaan yang bersifat terbuka, memiliki jawaban yang beragam atau beragam cara tetapi memiliki tujuan yang sama.

Oleh karena itu, guru sebagai pencetak generasi bangsa yang berkualitas, haruslah punya strategi dalam pembelajarannya menguasai untuk membuat suatu pertanyaan yang efektif. Beberaa tujuan dari pertanyaan efektif yaitu 1.Mendorong atau melibatkan siswa untuk berpikir kritis, 2. Menelaah atau merangkum pelajaran sebelumnya, 3.Memancing siswa untuk mengemukakan pendapatnya sendiri.

Pertanyaan efektif memiliki beberapa karakter yaitu a. menuntut siswa berpikir, tidak sekedar mengingat dan menyebutkan, b. bersifat atau mengarah pada pertanyaan yang open ended, c. memungkinkan jawaban yang beragam, d. memungkinkan siswa memaknai amatematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut.

Dari beberapa karakter tersebut yang paling besa kemungkinannya untuk dapat membentuk siswa berpikir kritis adalah bersifat/mengarah pada pertanyaan yang bersifat open ended dan memunhgkinkan jawaban yang beragam. Dua karakter tersebut yang mampu merangsang siswa mengembangkan daya pikir/nalarnya lebih jauh. Semakin dilatih pertanyaan efektif, kemungkinan besar daya kritis siswa terwujud. Siswa diarahkan berpikir tidak hanya terkotakpada text book atau catatan guru. Tetapi siswa dapat menggali informasi dari luar atau dari sumber belajar lainnya. Sehingga akan menemukan hal-hal yang tidak tersinggung pada materi di saat pembelajaran.

Untuk selanjutnya, sebagai guru harus mengupayakan pertanyaan efektif sebagai salah satu strategi pembelajaran. Meninggalkan strategi lama yang kurang maksimal. Menggali potensi anak didik dan mendorongnya untuk lebih berpikir kritis dan eketif.

"Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat Online P4TK Matematika".

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline