Lihat ke Halaman Asli

Dieng Culture Festival 2023 Ditiadakan, Kenapa?

Diperbarui: 27 Juli 2023   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Syahrul Afandi

Dataran tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah, memang memiliki banyak sekali hal yang menarik wisatawan.
Salah satunya yaitu keindahan pemandangan alamnya. Di Dieng, banyak tempat yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Dieng memang menjadi salah satu destinasi liburan yang menawarkan banyak pesona keindahan alam, udaranya yang sejuk bahkan terbilang dingin.

selain keindahan alam dan kesejukan udaranya, dieng memiliki acara tahunan yaitu Dieng Culture Festival (DCF) yang membuat Dieng menjadi semakin menarik dimata wisatawan.

Dieng Culture Festival merupakan sebuah event yang menampilkan kesenian tradisional hingga artis terkenal serta menerbangkan lampion bersama ke langit.
tetapi pada tahun 2023 ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mengumumkan Dieng Cultural Festival (DCF) 2023 yang semula dijadwalkan berlangsung pada 25-27 Agustus dibatalkan dan akan digelar kembali pada tahun 2024.

Alasan Festival Budaya Dieng 2023 batal

Dieng Cultural Festival (DCF) yang semula dijadwalkan berlangsung selama tiga hari dari 25 - 27 Agustus 2023 resmi dibatalkan. Panitia DCF telah mengklarifikasi alasan tidak diadakannya acara tahunan ini.

"Dalam rapat kemarin memang dinamis, namun akhirnya sudah ada keputusan bahwa DCF 2023 ditiadakan dengan berbagai pertimbangan yang berkaitan dengan penataan Dieng," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Kebudayaan Dinparbud Kabupaten Banjarnegara, Yelly Harmoko mengutip ANTARA.

sempat terencana mengadakan DCF dalam skala kecil, tetapi diurungkan karena akan menarik jumlah wisatawan yang tidak dapat diprediksi. hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia DCF sekaligus Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Alif Fauzi.

"Kalau (wisatawan) sudah datang ke Dieng kita kan tidak bisa menolak, sedangkan di sini sedang ada penataan. Nanti terkait keamanan dan keselamatan penumpang siapa yang bertanggung jawab. Ini berbeda ketika DCF digelar saat pandemi Covid-19 karena saat itu semuanya ketat," jelasnya, dikutip dari sebuah sumber.

oleh karena itu, masyarakat yang sudah menunggu DCF pun harus bersabar. Alif Fauzi memastikan, DCF akan diselenggarakan kembali tahun depan setelah wilayah dieng selesai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline