Lihat ke Halaman Asli

andi hermawan

hanya blogger pemula

Aneka Makanan Khas Banyumas yang Wajib Anda Coba

Diperbarui: 11 Juni 2019   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mendoan

Kuliner banyumas

Kabupaten Banyumas, terletak di Provinsi Jawa Tengah dikenal dengan beragam Kuliner budaya maupun wisata, kali ini saya mau membagi Resep Makanan Khas Banyumas, jika anda merupakan Penikmat kuliner Banyumas bisa dijadikan referensi kuliner, 

1. Mendoan

Purwokerto adalah nama Kota atau Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas yang identik dengan makanan khasnya yaitu Mendoan. ketika anda berkuliner di Purwokerto anda wajib mencicipi makanan khas yang satu ini, Mendoan bukanlah makanan yang mewah, karena bahan dasarnya pun cukup sederhana hanya tempe dengan adonan tepung yang diberi beberapa bumbu sederhana, orang mungkin akan mengatakan masih mentah ketika pertama kali melihatnya, karena teksturnya yang lembek. Sesuai dengan nama makananya Mendo yg berarti lembek. Mendoan bisa dijadikan cemilan atau lauk, dengan dipadukan dengan sambal kecap selagi masih hangat. tidak sulit jika anda ingin mencoba membuatnya di rumah, Cara Pembuatan Mendoan

2. Getuk goreng

Makanan Khas Banyumas selanjutnya yang bisa anda temukan di Banyumas adalah Getuk goreng, getuk goreng cukup populer di Indonesia. Banyak wisatawan yang membelinya sebagai buah tangan (oleh-oleh) atau sebagai cemilan dalam perjalanan. Getuk goreng merupakan makanan yang sederhana tetapi memiliki citarasa yang berbeda , makanan ini terbuat dari ketela pohon dengan dicampurkan dengan gula merah dengan kulit adonan tepung yang tipis. 

Jika penasaran dengan makanan yang satu ini anda bisa berkunjung langsung ke Banyumas, Tepatnya di daerah Sokaraja salah satu kecamatan yang ada di Banyumas. Di Sokaraja banyak ditemukan penjual Getuk Goreng Asli, Getuk goreng banyak memiliki varian rasa mulai dari yang original ada juga beberapa rasa buah seperti strawberry, nangka, nanas dan durian. tetapi jika anda memang hobi memasak anda bisa mencoba membuatnya di rumah, mungkin akan berbeda dengan rasanya dengan Getuk Asli Sokaraja Banyumas, Getuk goreng bisa dinikmati dengan teh hangat atau kopi. 

Cara Pembuatan Getuk Goreng

3. Nopia

nopia banyumas

Nopia juga dikenal sebagai Makanan Khas Banyumas, mungkin sekilas namanya menyerupai merk salah satu merk handphone. Namun bukan nopia makanan khas Banyumas yang berbentuk bulat putih dibagian luarnya dan memiliki isi gula merah dengan citarasa bawang merah, Nopia banyak memiliki pilihan rasa mulai dari durian, coklat dan pandan.

Cara pembuatan Nopia

4. Cimplung

Makanan Khas Banyumas selanjutnya adalah Cimplung, yg berasal dari kata Cemplung yang berarti masuk ke dalam air. Air disini menggunakan air nira ( air badeg ) proses pembuatan gula merah. Bahannya bisa menggunakan Singkong, Ubi jalar, Pisang dll yang direbus bersamaa air nira yang akan dijadikan gula merah.

cimplung ketela banyumas

Cara pembuatan Cimplung

5. Jenang Jaket

Jenang jaket bisa anda temukan di daerah Mersi Banyumas, di Banyumas jenang jaket sering dijadikan menu pada saat hajatan, lamaran atau acara -- acara tertentu .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline