Lihat ke Halaman Asli

ANDI FIRMANSYAH

Guru yang Belum Tentu Digugu dan Ditiru

Pembangunan di India Harusnya Dimulai dari Isu Etnisnya Dulu

Diperbarui: 19 September 2023   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Mantan presiden AS Barack Obama pernah berkomentar dalam sebuah wawancara dengan CNN. Beliau mengatakan bahwa jika India tidak melindungi umat Islamnya, maka ada kemungkinan kuat bahwa India pada suatu saat akan mulai memisahkan diri.

 Apa pun alasan Obama mengatakan ini, beliau telah menyinggung masalah sensitif dalam pemerintahan nasional India. Apa itu? perlakuan diskriminatif terhadap minoritas.

 India adalah negara multi-etnis dan sejak kemerdekaannya pada tahun 1947, pertumpahan darah dan ketidakstabilan yang disebabkan oleh konflik etnis tidak ada habisnya.

 Laporan Kejahatan di India tahun 2021 yang dirilis oleh Biro Catatan Kejahatan Nasional negara itu menunjukkan 780 insiden kerusuhan di Assam sepanjang tahun dengan 1.498 korban.

 Bahkan, negara bagian lain di timur laut India juga sering mengalami kerusuhan serius. Assam ini ada kesamaannya dengan kota Pu'er di Provinsi Yunnan Tiongkok dekat Myanmar.

 Tidak jelas berapa banyak etnis minoritas yang ada di Assam secara total. Namun di Pu'er, ada 14 kelompok etnis.

Faktor umum lainnya adalah kedua daerah tersebut terkenal dengan produksi tehnya. Assam memproduksi teh hitam, sedangkan Pu'er memproduksi kue teh yang terbuat dari daun teh yang dipetik dari pohon teh kuno.

Perekonomian Assam sangat bergantung pada ekspor teh. Menurut data media India, timur laut India menyumbang sekitar 83 persen produksi teh tahunan negara itu pada 2021-22 dengan mayoritas produksi berasal dari Assam.

Perekonomian Pu'er lebih terdiversifikasi dengan industri modern seperti manufaktur, ekonomi digital, logistik, dan obat bio sebagai sektor utama. Produksi dan ekspor teh sekarang hanya menyumbang sebagian kecil dari ekonomi Pu'er.

Perbedaan tingkat pembangunan di antara kedua wilayah tersebut juga berdampak pada tingkat stabilitas sosial yang berbeda-beda. Sekarang Pu'er telah menjadi salah satu daerah yang paling layak huni sedangkan di Assam, ada banyak konflik yang terjadi terus menerus antara kelompok etnis yang berbeda.  
Pada pemilihan negara bagian pada Februari 1983 terjadi bentrokan antara orang Assam dan orang luar yang mengakibatkan ribuan kematian.

 PDB per kapita Assam adalah $1.500 (2021-22), sedangkan PDB per kapita India sekitar $2.300. Tingkat pendidikan dan infrastruktur wilayah ini juga jauh di bawah rata-rata India. Sebaliknya, pada tahun 2022, PDB per kapita Pu'er mencapai $5.950.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline