Lihat ke Halaman Asli

ANDI FIRMANSYAH

Guru yang Belum Tentu Digugu dan Ditiru

Illuminati: Fakta atau Mitos?

Diperbarui: 30 Agustus 2023   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ada yang mengatakan Illuminati hanyalah khayalan semata. Ada lagi yang mengatakan bahwa organisasi rahasia ini memang fakta adanya.

Mana yang benar?

Illuminati memang benar adanya di tahun 1776. Pendirinya bernama Adam Weishaupt. Beliau ini berasal dari Bavaria. Bavaria waktu itu diperintah oleh gereja. Bayern Munich dulunya masuk wilayah ini.

Sewaktu kuliah di Universitas Ingolstadt, Adam Weishaupt tertarik dengan falsafah pencerahan dan kemudian bergabung dengan organisasi rahasia terkenal saat itu yaitu Freemason.

Beliau sangat tertarik dengan ilmu-ilmu mistik yang didapatkannya saat sering mengikuti kajian-kajian yang sering diselenggarakan oleh organisasi rahasia tersebut. Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk membuat organisasi rahasia yang lain dan diberi nama Illuminati.

Tujuan didirikannya organisasi rahasia ini adalah agar para pengikutnya bebas dari cengkeraman gereja. Agar para pengikutnya memiliki kebebasan untuk menjalani amalan hidup yang lain diluar doktrin gereja.

Selain itu beliau juga ingin pengikutnya memiliki kesamaan strata sosial sehingga tidak ada lagi kesenjangan yang terjadi di masyarakat.

Pada tahun 1784 Illuminati mulai berkembang dengan pengikut sebanyak 600 orang berkat tangan kanan Adam Weishaupt yaitu Baron Adolf Knigge yang rajin merekrut anggota dari kalangan akademisi maupun politisi. Namun gerakan ini akhirnya tercium oleh gereja saat banyak anggotanya yang mulai mengisi pos-pos penting di dalam pemerintahan Bavaria.

Khawatir Illuminati akan menguasai pemerintahan maka Duke Karl Theodore mengeluarkan surat perintah pelarangan organisasi-organisasi terlarang. Hingga akhirnya Illuminati pun dibubarkan setelah pemerintah Bavaria berhasil merampas seluruh dokumen-dokumen yang mereka miliki.

Adam Weishaupt sendiri dicabut gelar profesornya dan diusir dari Bavaria. Meskipun akhirnya beliau menjadi pengajar ilmu falsafah di England.

Jadi sebenarnya secara organisasi Illuminati ini sudah punah. Namun banyak penulis yang masih saja ingin membangkitkan lagi nama Illuminati ini untuk membangkitkan rasa kekhawatiran masyarakat. Seperti misalnya Revolusi Prancis yang dikatakan bahwa para penggerak atau pencetus Revolusi tersebut adalah anggota Illuminati.

Sama seperti sekarang. Teori Konspirasi yang mengaitkannya dengan Illuminati.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline