Lihat ke Halaman Asli

Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Dunia Farmasi

Diperbarui: 3 April 2019   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dunia pada saat ini hari demi hari terus berkembang. Berbagai terobosan dan penemuan baru bermunculan dan dapat kita rasakan saat ini. Sehingga semakin canggih dunia ini maka semakin banyak tantangan yang dirasakan untuk dunia ini. Di antara berbagai tantangan yang dihadapi dunia saat ini, salah satunya ialah mengenai Revolusi Industri keempat atau bisa disebut juga sebagai Industri 4.0 yang akan terlihat pada permulaan abad ini. 

Berbagai penggabungkan dunia digital, fisik, dan biologi dengan cara tertentu yang diharapkan akan mengubah umat manusia dalam bidang teknologi dan pendekatan baru lainnya. 

Ada berbagai pendapat mengatakan bahwa sektor pada bidang kesehatan dan bidang bioteknologi akan sangat diuntungkan oleh revolusi industri  ini. Akan tetapi, dalam transformasi ini akan  memberikan dampak positif bergantung pada bagaimana kita mengatur atau menavigasi risiko dan peluang yang muncul di sepanjang jalan.

Pertama-tama perlu kita ketahui mengenai pengertian atau maksud dari era revolusi industri 4. 0. Revolusi industi 4.0 merupakan suatu pola pikir yang dapat mengubah cara hidup, saat bekerja, atau saat berhubungan satu sama lain pada berbagai bidang tertentu. Untuk menghadapi era tersebut, maka kita perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita, khususnya mengenai tenaga kesehatan.

Sebelum munculnya era revolusi industri 4.0, terlebih dahulu adanya era revolusi ketiga.  Revolusi Industri Keempat ini dibangun di  atas Revolusi Industri Ketiga yang  biasa dikenal juga sebagai Revolusi Digital. 

Revolusi digital atau revolusi industri ketiga ditandai oleh  proliferasi komputer dan otomatisasi pencatatan di  semua bidang. Hal-hal ini merupakan tanda-tanda yang jelas dari munculnya Revolusi industri keempat. Salah satu contoh atau petanda khusus dari  revolusi industri keempat ini adalah  terjadinya  atau timbulnya aplikasi  artificial intelligence  (AI). 

Transformasi  pada Revolusi industri keempat ini memiliki perbedaan dari revolusi industri lainnya dalam beberapa  aspek. Aspek pertama adalah inovasi. 

Inovasi dapat dikembangkan dan dapat disebarkan lebih cepat dan lebih baik dari sebelumnya. Aspek kedua adalah mengenai biaya produksi marginal. Terlihat adanya biaya produksi secara signifikan dan munculnya platform yang telah menggabungkan beberapa aktivitas konsentrasi di beberapa sektor dan meningkatkan agregat hasil. 

Aspek ketiga adalah mengenai global. Revolusi  ini terjadi sudah pada tingkat  global  dan dapat mempengaruhi, serta  dapat dibentuk oleh hampir semua negara. Akibatnya, revolusi industri keempat ini akan memberikan dampak diberbagai tempat. Salah satu bidang yang paling banyak terdampak oleh Revolusi industri keempat adalah bidang kesehatan dan bioteknologi.

Revolusi  Industri  Keempat  dibangun  di  atas  Revolusi  Industri  Ketiga,  yang  jugadikenal  sebagai  Revolusi  Digital,  yang  ditandai oleh  proliferasi komputer  dan  otomatisasipencatatan di  semua bidang.  

Otomatisasi di  semua bidang  dan konektivitas  adalah tanda-tanda  yang  nyata  dari  RI keempat.  Salah  satu  petanda  unik  dan  khusus  dari  RI  keempat adalah  terjadinya  aplikasi  artificial  intelligence  (AI).  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline