Lihat ke Halaman Asli

Andi Eka Prima

Blog Pribadi

Pelestarian Borobudur sebagai Warisan Dunia

Diperbarui: 15 Juni 2022   00:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kompas.com

PELESTARIAN BOROBUDUR SEBAGAI WARISAN DUNIA

Selesai pada tahun 1983 dan terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991, Jumlah pengunjung  ke Candi Borobudur terus meningkat. Pada tahun 2017, Candi Borobudur dikunjungi oleh 3,66 juta wisatawan, namun pada tahun 2019 sebelum Corona meningkat menjadi 2,94 Juta wisatawan baik dalam maupun luar negeri. 

Kemudian adanya pengurangan yang sungguh amat dramatis tarjadi di kala itu jumlah wisatawan turun menjandi 996.000 hanya terjadi di tahun 2020 akibat pandemic Covid 19.  Menurut beberapa penelitian dan literature, aktifitas manusia secara langsung mempengaruhi keausan struktur penyangga batu Candi Borobudur.

liputan6.com

Hal itu juga disampaikan oleh Marsis Stopo, Ketua umum Perhimpunan Arkeolog Indonesia (PAI). Untuk melindungi Candi tersebut, ia mengambil langkah untuk mengembangkan Sandal khusus untuk mengurangi keausan bagi pengunjung dengan menggunakan kayu sebagai alas kaki wisatawan, 

dengan membatasi area yang dapat dimasuki pengunjung. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk itu sejarawan asal Inggris Peter Carey yang mendalami sejarah Jawa Kuno, mengatakan penting untuk mengambil langkah -- langkah untuk melindungi struktur Candi Borobudur.Tidak mungkin menaiki tangga asli. Kami membutuhkan struktur yang tidak dapat kami lihat wisatawan tanpa merusak menumen itu ' kata Carrie kepada BBC news Indonesia.

Candi itu sendiri memiliki rekam jejak sejarah hingga 12 abad sejak awal berdirinya. Dulunya merupakan meonumen keagamaan yang mewakili dinasti syailindra, Candi itu ditinggalkan hingga di temukan kembali dan di pugar oleh letusan gunung Merapi yang maha dasyat kala itu. Sejauh ini, belum di temukan sumber tertulis yang menyebutkan secara pasti akan 

Candi Borobudur di bangun dan beberapa lama proses pembangunanya. Oleh karena itu, tidak mungkin untuk menentukan usia Candi tersebut secara andal. 4.444 ahli memperkirakan bahwa Candi ini dibangun pada abad ke 8. Perkiraan ini didasarkan pada analisis prasasti kuno terhadap prasasti yang tertulis pada relief karmawibanga yang mengambarkan sebab dan akibat perbuatan di kaki Candi dibandingkan dengan prasasti lain yang di ketahui.

Menurut balai konservasi Candi Borobudur, struktur Candi ini terdiri dari Sembilan teras dan sebuah stupa besar dipuncaknya. Kesembilan teras tersebut terdiri dari enam teras bujur sangkar dan tiga teras melingkar. Legenda mengatakan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh seorang arsitek bernama Guna Dharma, tetapi secara historis tidak pasti. 

Sejarawan J.G Casparis dalam sebuah makalahnya yang terbit pada tahun 1950, memperkirakan bahwa pendiri Candi Borobudur adalah samaratungga, yang memerintah pada tahun 7828 pada masa dinasti Syailendra12 diselesaikan hingga masa putrinya 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline