Oleh: Farizka Susandra, Chandra Ayu Pramestidewi, dan Muhammad Nur Afiff**
Pada hari Sabtu, 14 September 2024, tim Universitas Djuanda yang menerima dana hibah dari Kemendikbudristek mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dipimpin oleh Ibu Farizka Susandra, S.E., M.Sc., bersama Bapak Muhammad Nur Afiff, S.E., M.M., dan Ibu Chandra Ayu Pramestidewi, S.Pt., M.M. Selain itu, turut serta dua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Siti Adinda Fatimatul Adawiyah dan Siti Marsinah. Tema kegiatan ini adalah "Meningkatkan Efisiensi Biaya dengan Penerapan Analisis Value Chain dan Digital Marketing pada Kelompok Usaha CIMART."
Acara dihadiri oleh:
- Bapak Zulkarnain (Dinas KUKM Kabupaten Bogor)
- Bapak Drs. Tirta Juwarta, M.Si (Camat Ciomas)
- Bapak H. Fikri Hudi Oktiarwan, S.Sos (Pembina Koperasi Cimart dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat)
- Bapak Taryat (Pengawas Koperasi Cimart)
Materi juga disampaikan oleh narasumber Bapak Muslih Hardiansyah (Pengurus Dekopinda) dan Bapak Rahmad Adhi Pratomo (CEO Foodbiz.id).
Latar Belakang Cimart
Cimart didirikan pada tahun 2017 sebagai respons masyarakat untuk bertahan hidup selama pandemi COVID-19 (2020-2022) melalui interaksi digital. Situasi ini mendorong kreativitas masyarakat dalam bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari menggunakan berbagai platform e-commerce. Cimart, yang merupakan kelompok usaha yang terdiri dari 40 UMKM, berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli, menawarkan berbagai produk dan jasa, mulai dari makanan hingga alat rumah tangga.