Lihat ke Halaman Asli

Andiaz WinandaFebriasandy

Mahasiswa D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Airlangga

Manfaat Penggunaan Personal Branding LinkedIn untuk Karier Gemilang Mahasiswa

Diperbarui: 7 Juni 2022   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Karir gemilang tentunya merupakan sebuah impian cita-cita bagi semua mahasiswa ketika selesai mengemban tugas perkuliahan nanti. Namun, tanpa media sosial untuk memperkenalkan personal branding siapa diri kita, kompetensi yang telah kita jalani, keahlian, maupun prestasi yang telah diraih kepada orang lain.


Seiring bertambahnya lulusan diploma, maupun sarjana setiap waktunya. Hal ini tentu akan menjadi sebuah persaingan yang ketat diantara lulusan fresh graduate untuk survival mencari pekerjaan. Disinilah, manfaat pentingnya sebuah "personal branding", perushaan akan melihat profile diri anda.

Akun linkedin menjadi salah satu sebuah wadah emas yang bisa mahasiswa manfaatkan untuk personal branding. Menurut research LinkedIn di tahun 2019, profil LinkedIn berpengaruh sekitar 57% bagi seorang perekrut untuk menyeleksi aplikan. Hal ini merupakan kesempatan luas mahasiswa untuk membangun experience, riwayat akademik atau organisasi, serta course yang telah anda pelajari pada fitur yang tersedia di linkedin.

Apa saja manfaat personal branding linkedin bagi mahasiswa ?

1. Luasnya jejaring sosial untuk menambah relasi

Forum diskusi pada linkedin menjadi pilihan yang tepat, karna pengguna biasanya para profesional, perusahaan, dan pencari kerja. Mahasiswa memiliki peluang yang besar disini untuk memperbanyak relasi membantu mencari pekerjaan agar mendapat koneksi yang luas nantinya.

2. Personal branding yang menarik akan menaikan jumlah pengunjung profile

Dengan naiknya jumlah pengunjung profile kita, akan menambah kesempatan lebih terekspose nya akun kita ke perusahaan-perusahaan maupun HRD sebagai perekrut yang melirik personal branding kita. Kamu bisa mencantumkan riwayat pendidikan, organisasi, pekerjaan, relawan, pelatihan, portfolio, atau skor tes TOEFL, dll.

3. Sebagai investasi karir mahasiswa

LinkedIn menjadi investasi terbaik mahasiswa untuk meningkatkan potensi dan relasi setelah lulus nanti, karena kita sudah mendapatkan teman, pencapaian dan pengalaman menarik untuk dilihat adalah usaha gemilang mencapai karir yang cemerlang nantinya.

Melalui penjelasan diatas, semoga mahasiswa maupun orang-orang diluar sana yang mencari pekerjaan dapat memudahkan mereka dalam personal branding untuk mencapai tujuan pencapaian yang gemilang melalui akun LinkedIn.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline