Lihat ke Halaman Asli

10 Cara Gampang Menarik Rezeki

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14286393031875603959

[caption id="attachment_360064" align="aligncenter" width="300" caption="10 tips menarik rezeki"][/caption]

Bagaimana caranya supaya rezeki lancar bebas hambatan seperti jalan tol? Berikut ini tipsnya :

1.Hiasi hidup dengan amal ibadah sepenuhnya kepadaNya

Bergantunglah hanya kepada Allah, jangan menggantungkan diri pada kekuatan lain, karena itu sudah syirik. Allah akan mengampuni dosa selain syirik. Dekati Dia dengan ibadah yang wajib maupun sunat yang diperintahkan pada kita. Selain sholat fardhu biasakan juga sholat dhuha dan tahajud.  Bagaimana Allah mau melimpahkan rezeki pada kita jika jauh dariNya, dan berlumuran dosa?

2.Hiasi hidup dengan syukur

Orang yang hidupnya dipenuhi rasa syukur  menerima ketentuan rezeki Allah dengan ikhlas. Banyak disyukuri , kurang juga diterima dengan hati lapang.  Orang yang senantiasa bersyukur hidupnya adem dan bisa bekerja mencari rezeki dengan tenang, karena apapun dan berapapun hasil yang diperolehnya diyakini sebagai rezekinya hari itu. “Jika kamu bersyukur niscaya akan kutambah nikmatKu padamu, dan bila kamu kufur sesungguhnya siksaku sangat pedih” ( Q.S. Ibrahim : 7)

3.Hiasi hidup dengan perbuatan baik

Allah menyukai orang yang berbuat baik, “dan berbuat baiklah sesungguhnya Allah menyukai orang yang berbuat baik.” (Q.S.Al Baqarah : 195). Sebagai pemberi rezeki Allah akan melimpahi orang yang disukaiNya dengan rezeki yang banyak. Orang jahatpun tetap diberi rezeki oleh Allah apalagi orang yang baik. Sekedar menyapa orang di sekitar kita dengan ramah adalah contoh kebaikan yang sederhana. Kata Mario Teguh, Orang baik rezekinya juga baik. Banyak yang rezeki nya mandek karena suka makan sumpahan orang.

4.Hiasi hidup dengan silaturrahim

Kita tidak dapat hidup sendiri, kita pasti butuh orang lain karenanya perlu menjaga silaturrahim dan hubungan baik dengan orang lain. “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda barangsiapa suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya menyambung silaturrahim”. (Hadits Riwayat Bukhari). Rezeki Allah selain langsung diberikan lewat kita juga bisa melalui orang lain bukan?

5.Hiasi hidup dengan berbagi

Karena ada sebagian hak orang lemah / orang tidak mampu dalam rezeki kita. Berbagi tidak membuat kita jadi berkurang malah justru membuat kita makin kaya. “dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (Q.S.Saba : 39). Berbagi tidak harus menunggu kaya atau banyak harta dulu, tapi kesediaan berbagi dalam setiap kondisi itu yang penting.

6.Hiasi hidup dengan taubat

Sebagai manusia, kita tidak luput dari kesalahan. Banyak dosa yang kita perbuat baik yang kita sadari maupun tanpa kita sadari. Dosa adalah penghalang rezeki dan hanya bisa dimintakan ampun pada Allah  “dan hendaknya kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepadaNya (jika kamu mengerjakan yang demikian) niscaya Dia akan memberikan kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan.” (Q.S. Huud : 3)

7.Jadikan bekerja sebagai ibadah

Pekerjaan yang kita lakukan setiap hari bukan hanya rutinitas belaka tapi jadikan sebagai ibadah. Artinya pekerjaan yang kita lakukan harusnya semakin mendekatkan diri pada Allah, bukannya semakin menjauhkan diri dariNya. Jika semua orang menganggap pekerjaannya sebagai ibadah maka tidak ada lagi korupsi, kolusi, penyelewengan jabatan, mark up proyek dan sebagainya. Jika pekerjaan kita jadikan ibadah insya Allah rezeki yang datang pun lancer dan berkah.

8.Hiasi hidup dengan berbakti pada orang tua

Sebagai anak kita punya kewajiban berbakti pada orang tua. Bahkan ridha Allah ada pada ridhanya orang tua.  Bagaimana rezeki  kita bisa lancar jika Allah tidak ridha pada kita karena durhaka pada orang tua? Tahukah anda bahwa doa orang tua itu makbul? Maka berbuat baik pada orangtua akan melancarkan rezeki.

9.Jangan sakiti isteri

Buat para suami, jika ingin berezeki lancer, bahagiakan isterimu. Karena isteri yang bahagia akan diliputi perasaan positif dalam dirinya yang akan menarik hal-hal yang postif dalam rumah tangga. Isteri yang bahagia akan menjadi partner yang menyenangkan bagi suaminya, membuat tenang suaminya dalam mencari nafkah. Isteri yang bahagia akan senantiasa mendoakan suaminya agar dilindungi dan dimudahkan rezekinya.

10.Jaga Makanan

Jaga makanan di sini maksudnya makan hanya yang baik dan halal. Yakinkah bahwa sumber makanan kita dibeli dari rezeki yang dicari dengan jalan yang diridhaiNya, halal dan berkah?  Jika sumbernya sudah betul, apakah makanan kita itu dihalalkan oleh agama? Makanan yang kita makan akan menjadi sel-sel yang membentuk tubuh kita. Jika tubuh kita dibangun dengan sesuatu yang haram, masih pantaskah kita menerima rezekiNya?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline