Lihat ke Halaman Asli

Komunitas Guru Belajar Bontotiro Semangat Ikuti Kegiatan Progres dan Presentase dalam IKM

Diperbarui: 21 Oktober 2023   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Komunitas guru belajar Bontotiro melaksanakan kegiatan meningkatkan progres dan presentase dalam IKM (Foto Eka Irmayanti Yuska)

BULUKUMBA -- Komunitas guru belajar (KGB) adalah komunitas atau kelompok kegiatan professional bagi guru SD/MI yang masih berada dalam satu gugus kecamatan. Tujuan utama KGB adalah sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi dan skill guru, baik saat berada di dalam maupun di luar kelas. 


Komunitas guru belajar Bontotiro melaksanakan kegiatan meningkatkan progres dan presentase dalam IKM, aktivasi akun belajar id dan Kombel serta aksi nyata dalam PMM yang digelar di SDN 151 Timbula, Kecamatan Bontotiro pada Jumat (20/10/23).

KGB Bontotiro memiliki beberapa program dengan dasar pembentukan yang memenuhi empat kompetensi dasar guru, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Kegiatan hari ini dilaksanakan di SDN 151 Timbula, Kecamatan Bontotiro

Program umum berisi tentang wawasan yang diberikan kepada guru terkait kebijakan pendidikan (kebijakan pengembangan profesionalisme guru), sedangkan program inti yang menjadi program utama adalah pembinaan guru-guru dan tempatnya saling berbagi informasi.

Komunitas Guru Belajar Bontotiro yang sebelumnya bernama KKG ini dibawah bimbingan Hasfawati , S.Pd sebagai pengawas wilayah 1 kecamatan Bontotiro yang senantiasa turun langsung bertindak sebagai pemateri di kegiatan ini.

Sekarang kegiatannya memfokuskan pada penyebaran pemahaman dan  pengembangan Kurikulum Merdeka, dimana Kurikulum ini baru berjalan tahun ini dan masih dalam tahap adaptasi.

Jadi Komunitas ini menjadi wadah bagi guru untuk memahami seperti apa dan bagaimana IKM ini.
KGB ini terbentuk sejak September lalu dan sudah melaksanakan kegiatan beberapa kali yang kaitannya dengan IKM, mulai dari workshop IKM sampai ke pembuatan perangkat itu sendiri dan juga tentang P5 (projek penguatan profil pelajar pancasila ) yang pematerinya adalah Pengawas Hasfawati, S.Pd.

Pengawas Hasfawati begitu antusias dalam menyampaikan tentang IKM ini, dan berharap Bontotiro di tahun 2024 sudah 100% melaksanan IKM tersebut.

Sementara itu, Ketua K3S kecamatan Bontotiro Jaenuddin, S.Pd berharap dalam pertemuan hari ini agar semua guru selalu menyempatkan hadir di kegiatan ini.

"Saya berharap dalam pertemuan hari ini agar semua guru selalu menyempatkan hadir karena ilmu yang didapatkan sangat luar biasa terkait bagaimana sekolah kita ke depan," tutupnya.

Penulis: Eka Irmayanti Yuska
Editor: Andi Alfian Salassa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline