Lihat ke Halaman Asli

Tips dan Trik Sederhana Merawat Sepeda Motor

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Tips dan Trik Sederhana Merawat Sepeda Motor

Oleh : Andi Wijianto

Mahasiswa yang notabennya merupakan sebuah makhluk yang sangat membutuhkan tekhnologi dalam kehidupan. Apalagi seorang aktifis atau mahasiswa yang sibuk akan rutinitasnya di jalan pasti membutuhkan sepeda motor sebagai alat transportasi yang evisien dan mudah untuk digunakan. Hampir semua mahasiswa mempunyai sepeda motor dalam kegiatannya. Baik itu kegiatan kampus atau bahkan kegiatan luar kampus. Namun saying perawatan kendaraan bermotor oleh mahasiswa sangatlah kurang teratur, kendaraan biasanya setelah dipergunakan kemudian hanya ditelantarkan didalam kos dan tidak pernah diperhatikan kondisinya baik itu secara kebersihan atau secara keadaan mesin. Mungkin wajar hal demikian terjadi karena mahasiswa kebanyakan banyak yang tidak mengetahui tentang mesin apalagi mahasiswa putri. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat digunakan dan cara ini praktis untuk diterapkan dalam perawatan kendaraan bermotor.

1.Cek kondisi Aki

Aki merupakan sebuah komponen penting dalam kendaraan bermotor. Apalagi pada motor metic yang sering digunakan oleh kaum hawa. Apabila anda tidak ingin susah dalam menghidupkan sepeda motor paling tidak periksa kondisi aki. Jangan sampai air aki menjadi kering sebab itu akan mempercepat kerusakan sel-sel yang terdapat dalam aki. Apabila aki sudah tidak dapat dipergunakan atau sudah melebihi masa pakai maka segeralah menggantinya karena apabila dipaksakan kedua kutub aki akan mengeluarkan korosi berupa serbuk putih dan hal tersebut akan berbahaya karena akan menjalar ke kabel-kabel arus listrik kendaraan.

2.Cek kondisi Oli

Oli merupakan suatu komponen yang penting dalam kendaraan bermotor. Fungsinya sebenarnya sederhana yaitu untuk melumasi bagian-bagian mesin motor. Namun jangan sepelekan fungsi oli yang sederhana ini, apabila oli habis atau sudah berwarna kehitaman dan daya licinnya sudah berkurang serta tidak diganti maka kemungkinan terburuk mesin motor akan rusak. Oleh karena itu untuk antisipasi dan perawatan gantilah oli secara berkala 2-3 bulan 1x agar kondisi motor selalu prima.

3.Cek keadaan Rantai dan Gir

Jangan sepelekan perabotan yang satu ini. Motor dalam pergerakannya sangat memerlukan gird an rantai untuk mentransmisikan gerak dari mesin ke roda. Pastikan rantai selalu dalam kondisi yang baik, tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang. Apabila rantai terlalu kencang maka dapat mengakibatkan putusnya rantai sedangkan apabila terlalu longgar akan mudah untuk lepas. Pasti kan anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi ketika sedang berkendara. Masalah gir pastikan ganti gir apabila sudah tajam karena itu juga akan meresahkan dan membahayakan dalam penggunaan sepeda motor.

4.Panaskan mesin minimal 3-4 menit sebelum digunakan

Hal tersebut penting sebab pemanasan mesin tersebut dapat berguna khususnya untuk melumasi bagian dalam mesin dengan oli sebelum motor digunakan untuk aktifitas. Ada tips nih sebelum menyalakan motor sebaiknya ayuhkan slah motor dengan menggunakan kaki secara manual namun kunci masih dalam keadaan off, slah sekitar 5 kali, hal ini digunakan sebagai perawatan mesin agar mesin tetap awet. Namun ingat jangan panaskan motor terlalu lama sebab dapat menyebabkan pipa knalpot menjadi kekuning-kuningan selain itu juga dapat membuat bensin habis tak berguna.

5.Periksa selalu tekanan Angin dan kondisi Ban

Ini penting untuk menjaga keawetan ban, sebab ban motor yang terlalu gembos akan mudah bocor. Yang paling penting adalah selalu cek keadaan ban apalagi saat bepergian jauh. Tentulah anda tidak mau kan lelah karena persoalan ban yang bocor di jalan apalagi jalanan sepi.

6.Selalu pakai Sparepart asli

Sparepart asli perlu digunakan pada kendaraan bermotor. Hal tersebut dikarenakan beberapa factor yaitu: lebih aman, lebih tahan lama, tidak merusak komponen kendaraan yang lain bila dipakai, maka dari itu sparepart asli tentunya sangat berguna dalam perawatan sepeda motor.

7.Serfice kendaraan harus rutin

Serfice sangat penting untuk perawatan mesin. Disini mesin dibersihkan dari kotoran dan debu yang menempel dan dapat mengganggu kendaraan bermotor. Minimal 2 bulan sekali melakukan perawatan agar mesin motor selalu bersih dan makin nyaman untuk digunakan

8.Membersihkan motor

Eits yang terakhir ini juga tak kalah pentingnya loh. Motor yang baik digunakan adalah yang terjaga kebersihannya. Paling tidak sempatkanlah untuk mengelap sepeda motor 1 hari 1 kali sebelum dipakai agar anda selalu trendy dan percaya diri dalam mengoprasionalkan si Kuda Besi. Jangan lupa memandikan motor juga penting untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada motor.

Sebenarnya gampang dalam merawat motor kesayangan apabila anda sedikit meluangkan waktu sedikit untuk teman yang selalu mengantarkan kita ke berbagai tempat ini. So selalu jaga kondisi kendaraan dan jangan pernah abaikan kondisi motor karena dia adalah salah satu sahabat dalam hidup manusia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline