Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling terhubung untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Pengendalian merupakan suatu keunggulan manajemen untuk memastikan apakah sumber daya manusia bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Sedangkan manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengawasan sumber daya secara efektif dan efisien. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian manajemen adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengendalikan dan memantau kinerja tugas dalam suatu perusahaan. Bagaimana dengan sistem pengendalian manajemen pada PT.
Unilever Indonesia?
- Ini adalah sistem pengendalian manajemen PT. Unilever Indonesia :
1. Menyiapkan program, pada tahap ini perusahaan mempersiapkan program yang akan dilaksanakan dan memperkirakan sumber daya yang akan ditentukan untuk setiap program perusahaan yang telah ditetapkan sejak awal.
2.Menyusun anggaran, pada tahap ini perusahaan merencanakan biaya untuk jangka waktu tertentu, anggaran ini didasarkan pada sintesis anggaran dari pusat pertanggungjawaban.
3. Implementasinya, pada tahap ketiga ini dibuat pencatatan mengenai sumber daya yang akan digunakan perusahaan dalam setiap tahapan produksi produk serta pendapatan yang dicapai perusahaan.
4. Pelaporan dan analisis, pada tahap akhir perusahaan melaporkan data akuntansi atau data analisis untuk pelaporan pertanggungjawaban.
Akuntansi pertanggungjawaban adalah suatu proses yang digunakan oleh manajer untuk mengelola pusat pertanggungjawaban atas pencapaian suatu perusahaan.
- Tingkat efektivitas sistem pengendalian manajemen PT. Unilever Indonesia.
PT Unilever Indonesia dalam aktivitas pengolahan dan penjualan produknya bertujuan untuk berinvestasi pada strategi dan pilihan merek jangka panjang untuk mencapai kemajuan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
PT. Unilever juga memastikan standar tata kelola perusahaan yang baik bagi karyawan, pembeli, dan masyarakat sekitar. Sistem pengendalian manajemen PT. Unilever Indonesia dapat dikatakan baik-baik saja, hal ini terlihat dari cara perusahaan menjalankan tugas-tugas manajemen seperti memenuhi segala permintaan konsumen yang semakin meningkat dan menyeimbangkan tanggung jawab atas sumber daya yang terbatas. PT. Unilever memberikan aspirasi yang lebih kepada pembeli (konsumen) agar tujuan perusahaan berhasil tercapai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H