Lihat ke Halaman Asli

Penyusutan Habitat yang Berdampak Hebat pada Orang Utan

Diperbarui: 22 Maret 2024   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: worldwildlife.org

Dampak dari pembangunan pembangunan dalam negri yang mengharuskan penebangan hutan membuat salah satu satwa asli Indonesia ini terancam punah. Hutan yang tadinya menjadi rumah sekaligus tempat ternyaman untuk orang utan ini sudah tak lagi senyaman dulu. Pembakaran, Penebangan, sekaligus pembangunan lah yang membuat mereka tak lagi merasakan kenyamanan di habitatnya sendiri. Bahkan tak jarang mereka diburu secara liar oleh manusia yang mengakibatkan mereka semakin terancam, bahkan di habitat mereka sendiri. Kerakusan manusia lah dalang dari tersiksanya mereka, namun jika dilihat dari kurva pertambahan penduduk manusia, wajar jika manusia membutuhkan tempat baru umtuk ditinggali. Namun bukan berarti tindakan yang dilakukan benar. Ada baiknya jika kita menyisihkan lahan yang cukup.

dengan membuat tempat penangkaran orang utan, tepatnya di taman nasional tanjung puting. Taman nasional tanjung puting merupakan konversi orangutan terbesar di dunia. Letaknya di jantung pulau Kalimantan. Ini langkah yang baik yang telah di ambil oleh manusia, karna mau bagaimanapun kita tetap harus melestarikan satwa asli negri kita, Indonesia.

Orang utan bukan hanya satwa biasa, Orang utan memiliki peran penting di habitatnya, hutan tropis.  Ya hutan tropis merupakan habitat asli orang utan, di habitatnya orang utan berperan penting dalam kesehatan ekosistem hutan tropis. Mereka menebar biji di sambi dengan memakan buah. Buah yang dapat mereka makan beragam, dari yang kecil sampai yang besar. Bahkan mereka dapat menjelajah dan menempuh jarak beratus ratus kilometer dari rumah mereka.

Saat ini, habitat utama orangutan di Indonesia terletak di pulau kalimantan dan sumatera. Sisa habitat ini harus di jaga, jangan biarkan satwa asli Indonesia benar benar punah di Indonesia. Kita wajib menjaga keseimbangan ekosistem dan mengamankan habitat habitat mereka. Kita perlu memikirkan win win solution, baik untuk para satwa liar maupun manusia, maka dari itu apapun yang kita lakukan pada alam, baik sekecil apapun, bisa jadi berdampak besar pada alam, hutan, atau bahkan habitat satwa satwa liar seperti orang utan tersebut.

Dan perlu kalian ketahui, selain fisiknya yang hampir mirip manusia ini, kecerdasannya juga tak kalah hebat jika dibandingkan dengan kecerdasan hewan lain, kecerdasan yang hampir bisa menyamai manusia purba ini lah yang membuat hewan ini istimewa, orang utan dapat menggunakan alat, belajar bahasa isyarat, bahkan memiliki struktur sosial yang mirip seperti manusia yang hidupnya bermasyarakat. Oleh karna itu kita wajib untuk melestarikan satwa satwa terutama orangutan, kita wajib menjaga keberagaman fauna Indonesia. Supaya generasi mendatang dapat melihat keindahan-keindahan yang telah di anugrahkan oleh tuhan kepada masyarakat Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline