Lihat ke Halaman Asli

Andhika Hadi Pratama

Memberi informasi tanpa basa-basi

Baterai Motor Listrik Rusak? Ini Cara Perbaikinya

Diperbarui: 7 Juni 2022   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Menjadi salah satu komponen terpenting pada motor listrik, baterai kerap disarankan untuk dirawat dengan benar, seperti pastikan untuk tidak membiarkan baterai hingga sampai dalam kosong.

Namun bagaimana jika baterai motor listrik rusak?

Ada cara yang barangkali bisa dilakukan jika belum memiliki biaya lebih untuk membeli baterai yang baru. Karena diketahui bahwa harga baterai baru masih terbilang cukup mahal, bahkan bisa setengah dari harga produksi.

Perlu diketahui jika baterai motor listrik seperti Evolts, Gesits, Viar dan yang lainnya berisikan beberapa baterai jenis Lithium yang dijadikan satu.

Maka ada baiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk menemukan alih-alih hanya salah satu baterai saja yang rusak. Sehingga hanya perlu mengganti bagian yang rusak, dan tidak perlu harus mengganti baterai seutuhnya.

Namun meskipun terlihat simpel, disarankan jangan asal membuka baterai sendiri, tanpa bantuan bengkel yang sudah tersertifikasi, sehingga dapat dipertanggungjawabkan tingkat keamanannya. Karena jika salah, baterai motor bisa meledak dan membahayakan penggunanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline