Lihat ke Halaman Asli

Andhika Hadi Pratama

Memberi informasi tanpa basa-basi

Kerap Diabaikan! Biaya Kepemilikan Sering Berujung Menyusahkan

Diperbarui: 7 Juni 2022   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Masih banyak yang membeli sesuatu tanpa mempertimbangkan tingkat kebutuhan, dan berujung bertaruh pada harapan jika akan berguna suatu hari nanti.

Juga dalam membeli sesuatu kadang kita mengabaikan biaya kepemilikan. Sebagai contoh kendaraan. Banyak pengguna yang seringkali terlihat tidak merawat kendaraannya. Bisa jadi bukan karena tidak mau, melainkan tidak mampu.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa perawatan rutin seperti servis ringan, atau bahkan mengganti beberapa komponen lama ke komponen baru, membutuhkan biaya yang terkadang tidak murah, terutama jika banyak komponen rusak yang harus diganti. Hal tersebut barangkali menjadi alasan kendaraan terbengkalai.

Belum lagi harga bahan bakar yang mengalami kenaikan. Tentu saja keadaan tersebut membuat pengguna harus mengeluarkan uang lebih banyak dari sebelumnya.

Namun zaman terus berkembang, begitu pun teknologi.

Beberapa tahun kebelakang, kendaraan berupa mobil listrik mulai mencuat ke permukaan. Menunjukan eksistensinya, dan memberikan pilihan yang lebih baik kepada masyarakat, seperti biaya perawatan dan biaya operasional yang jauh lebih murah.

Sayangnya hal tersebut belumlah cukup, sebab setelahnya lahir lah kekhawatiran lain, seperti fasilitas pendukung, serta biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli. Karena dapat dikatakan bahwa harga mobil listrik masih jauh lebih mahal dari mobil konvensional.

Namun tidak berhenti sampai disitu saja. Pasalnya banyak perusahaan yang memahami kekhawatiran masyarakat, sehingga akhirnya memberikan pilihan lain, yaitu motor listrik dengan harga jual yang bersaing dengan motor konvensional.

Hal tersebut juga berjalan beriringan bersama dukungan pemerintah dengan mengeluarkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan, dalam memerangi polemik yang muncul dari emisi yang dikeluarkan kendaraan.

Hingga sampai saat ini, perkembangan ekosistem motor listrik terus bertambah, dengan banyaknya perusahaan yang mulai mengenalkan produk mereka ke masyarakat. Seperti Evolts, Gesits, Viar dan masih banyak lagi.

Ditambah pemerintah yang tidak berhenti melengkapi fasilitas pendukung seperti SPBKLU dan SPKLU yang perlahan-lahan mulai diresmikan di beberapa wilayah. Serta juga fasilitas Swap Battery yang memudahkan pengguna motor listrik mendapatkan baterai dengan daya yang penuh, tanpa harus menunggu lama saat melakukan pengisian ulang daya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline