Lihat ke Halaman Asli

Andhika Hadi Pratama

Memberi informasi tanpa basa-basi

Cara Efektif Buat Ngirit

Diperbarui: 12 November 2021   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: economy.okezone.com

Kebutuhan memang tidak bisa lepas dari kehidupan. Ditambah hal-hal terduga yang memaksa kita untuk mengeluarkan uang lebih setiap bulannya. 

Maka mengelola keuangan penting dilakukan oleh siapa saja, terlebih untuk mereka yang sudah berkeluarga. Finansial yang terkondisi dengan baik tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, melainkan juga untuk mempersiapkan diri untuk hal-hal tidak terduga di masa depan.

Ngirit bukan berarti tidak membelanjakan uang sama sekali, namun melibatkan pertimbangan di setiap uang akan keluar dari kantong. Mendahulukan kebutuhan dari keinginan.

Di era ini, dimana untuk mendapatkan sesuatu terlampau mudah hanya dengan gawai di tangan, memang menjadi tantangan sendiri untuk mereka yang baru akan mulai berhemat. Maka memiliki tujuan menabung adalah dasar dari cara efektif buat ngirit. Misal, saya bertujuan membeli sebuah kendaraan di tahun ini, maka tujuan saya pun menjadi jelas mengapa saya harus menyisihkan uang setiap bulannya.

Selain itu, membeli barang pun merupakan salah satu cara efektif buat ngirit. Mengapa demikian? Misalnya saya membeli sebuah kendaraan, dengan demikian saya telah mengirit dari biaya transportasi setiap hari. Namun bijak dalam memilih barang yang akan dibeli menjadi syarat mutlak untuk ngirit. Usahakan untuk membeli barang yang punya manfaat, dan tidak membebani dari segi perawatan.

Tidak hanya untuk mengirit. Malah bisa jadi barang yang dibeli adalah wujud investasi yang menguntungkan di masa depan.

Namun hal tersebut harus didukung dengan perilaku tidak overspending. Umumnya perilaku overspending terjadi ketika memiliki kemudahan. 

Sebagai contoh, Kartu Kredit terbukti sangat mudah digunakan, mungkin hanya dengan memasukan nomor kartu atau menggeseknya, selama tidak melewati limit, barang apapun bisa terbeli. Masalahnya adalah setelah itu, ketika tagihan masuk di bulan setelahnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline