Lihat ke Halaman Asli

Andhika wahyu

Nama saya Andhika Wahyu Pratomo, biasa dipanggil dika. Saya berasal dari desa Sunggingwarno kecamatan gabus kabupaten pati, saya lahir di Pati 6 juli 1999. orang tua saya bernama bapak sutomo dan ibu suparti, sekarang saya bekuliah di Universitas PGRI Semarang, saya sekarang semester 8 dan mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Menanam dan Membagikan Bibit Pohon, Upaya Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 Melakukan Penghijauan

Diperbarui: 22 Februari 2021   18:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

[Pati} Andhika Wahyu Pratomo anggota kelompok 27 kuliah kerja nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) 2021 telah melaksanakan kegiatan pembagian dan penanaman pohon di desa Sunggingwarno RT01/RW02, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program kegiatan yang terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan masing-masing desa. Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) dalam kelompok 27 terdiri dari 15 mahasiswa yang tersebar diberbagai wilayah masing-masing, yang saat ini juga sedang melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) dan sedang menjalankan program kerja msaing-masing. 

Salah satu program kerja yang dilakukan oleh Andhika Wahyu Pratomo adalah membagikan dan menenem bibit pohon buah, kegiatan ini berdasarkan karena desa Sunggingwarno Kec. Gabus merupakan dataran rendah yang setiap musih hujan tiba rentan terjadi banjir. Namun masih banyak yang belum mengetahui cara kerja pohon dalam ngetasi debit air yang berlebihan. 

Bagaimana cara pohon mengatasi debit air yang berlebihan ? Pohon berperan sebagai spon yang akan menyerap air melalui akar tanah, oleh karena itu semkin banyak pohon maka akan semakin banyak air yang terserap dan dialirkan kedalam tanah melalui akar pohon tersebut. Yang tidak kalah penting manfaat penanaman pohon yaitu, pohon merupakan penyumbang oksigen dan juga untuk mitigasi (mengurangi) karbon dioksida (CO2) dibumi yang disebabkan oleh asap pabrik, kebakaran hutan pembakaran sampah, dan asap kendaraan bermotor. 

Pada kegiatan membagikan dan menanam bibit pohon buah mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) UPGRIS juga melakukan penyuluhan kepada warga sekitar tentang pentingnya bagi masyarakat memperhatikan kelestarian lingkungan dengan melakukan reboisasi setelah penebangan pohon karena itu untuk kepentingan bersama. 

#KKNUPGRIS2021  #Jagaalam #pedulilingkungan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline