Lihat ke Halaman Asli

Andhen Priyono

Guru INFORMATIKA

Pentingnya Attitude atau Sikap Saat Pelaksanaan Magang/PKL bagi Siswa SMK

Diperbarui: 26 Oktober 2022   11:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Attitude adalah sikap dan perilaku yang Anda tunjukan sehari-hari. Cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain. Kesuksesan dapat diraih dengan mengasah tiga hal berikut ini:

  • skill (keterampilan),
  • knowledge (pengetahuan), dan
  • attitude (sikap).

Skill dan knowledge merupakan komponen yang dapat dikembangkan dengan banyak membaca, banyak belajar, dan praktik. Tetapi, attitude adalah komponen yang paling penting dalam membentuk karakter siswa. Tentu saja, attitude yang baik dapat dipelajari dan dilatih.

Termasuk di dalam Magang/PKL siswa juga harus mamapu menerapkan attitude/sikap selain kompetensi yang didapat di sekolah. Attitude/sikap juga akan menambah nilai dalam proses magang/PKL sehingga nama baik sekolah pun ikut terangkat.

Hal ini di katakan bapak Agus Ali Hamzah selaku Ka. Sub Bag, Tata Usaha, Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, Jl.Jenderal Sudirman No. 81 Semarang yaitu “Sikap atau tingkah laku siswa didalam magang/PKL sangat penting untuk menumbuhkan karakter siswa”.

Magang/PKL yang dibimbing guru Bapak Andhen Priyono, S.Kom, M.Kom, berhasil menumbuhkan nilai positif bagi siswa untuk mengerti bahawa bukan hanya kompetensi praktek saja yang di nilai tapi juga attitude/sikap di dalam dunia kerja dan industri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline