Lihat ke Halaman Asli

Mengubah Dunia dengan Cairan Ekoenzim

Diperbarui: 25 Februari 2022   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penumpukan sampah di kalangan masyarakat saat ini belum terselesaikan. Masih banyak orang yang belum peduli terhadap sampah. Hampir sekitar 72% sampah yang terbuang di TPA  (Tempat Pemrosesan Akhir) adalah sampah organik yang kebanyakan berasal dari rumah tangga seperti sampah dari dapur, sisa-sisa makanan, kulit buah, daun dan ranting. Hal ini menyebabkan sampah organik di TPA menjadi numpuk, dan menimbulkan bau yang tidak menyenangkan di lingkungan, mengurangi laju daur ulang plastik, dan bisa menimbulkan risiko ledakan tempat pembuangan sampah.

Untuk menganangani permasalahan sampah kita sebaiknya membuat alternatif pengolahan sampah organik, yang mungkin masih bisa di manfaatkan. Seperti salah satu contohnya membuat "Eko Enzim". Apa itu "Eko Enzim?" Mungkin sebelumnya banyak orang yang tidak tahu tentang "Eko Enzim" sama hal nya seperti saya, orang tua saya, dan orang orang di sekitar saya. Menurut Atiek yaitu relawan Eko enzim, menerangkan bahwa Eko Enzim adalah cairan alam serbaguna yang merupakan hasil fermentasi dari gula, sisa buah atau sayuran dan air, dengan perbandingan 1 : 3 : 10.

Eko enzim di perkenalkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Dan saya pertama kali tau Eko Enzim ini dari guru pkn yang sedang menjelaskan tentang IPTEK.  Apakah ada hubungan nya Eko enzim dengan IPTEK? Ya tentu saja ada. Kita mulai menerapkan teknologi-teknologi atau pengetahuan-pengetahuan termasuk kebijakan lokal yang berkembang di masyarakat untuk melakukan pengolahan sampah yang nantinya dapat diterapkan untuk di berbagai kawasan pengelolaan sampah, termasuk Eko Enzim kita bisa mengelola limbah sampah rumah tangga tanpa mubazir, dan dengan tiga bahan kita sudah bisa mengelola sampah rumah tangga.

Bahan bahan yang di perlukan untuk membuat Eko Enzim yaitu:
1. Gula. Pertama kita memilih gulanya terlebih dahulu. Membuat Eko enzim ini disarankan menggunakan gula merah atau gula aren. Karena gula aren ini tidak banyak melalui pemerosesan seperti gula putih yang sudah di murnikan. Dan gula merah atau gula aren ini kadar kolasenya lebih banyak di banding gula putih.
2. Kulit buah atau sayur yang tidak di masak dan tidak berminyak. Dan agar mencegah kulit busuk kita bisa memasukan ke dalam freezer terlebih dahulu.
3. Air. Air yang kita gunakan sebaiknya air yang tidak mengandung kaporit.

Proses pembuatan eko enzim sangat mudah.
1. Langkah pertama kita siapkan 100gram gula merah.
2. Larutkan gula dengan 1liter air.
3. Siapkan 300 gram kulit buah.
4. Siapkan botol yang kapasitasnya lebih besar, agar memasukan kulit dan mengeluarkan kulitnya lebih gampang.
5.  Masukan kulit buah dan larutan gula ke dalam botol tersebut.
6. Tutup dengan rapat, dan simpan di tempat teduh.
7. Dalam 1 bulan pertama, Jungkir balikkan botol plastik dilanjutkan dengan membuka tutup botol.
8. Fermentasi berlangsung sekitar 3 bulan.
9. Setelah 3 bulan ekoenzim siap digunakan.

Sangat mudah bukan? Eko enzim ini dikenal sebagai larutan serbaguna. Karena eko enzim ini bisa digunakan sebagai larutan pembersih, jadi bisa di gunakan sebagai pembersih baju, pembersih lantai, untuk lap meja dan sebagainya. Lalu bisa di gunakan untuk pupuk dan pestisida tanaman, di perternakan juga bisa di gunakan sebagai pembersih kandang agar lebih higenis juga bisa untuk pengusir serangga.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline