Lihat ke Halaman Asli

ANDANTI KARTIKA PUTERI

Public Relation

Genjot Digitalisasi, KKN UMBY Mempromosikan Pasar Beringharjo Online Tokopedia Lewat Pembuatan Video Iklan

Diperbarui: 2 Februari 2023   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dibantu oleh Alvian Trias Kurniawan, videopgrapher asli Yogyakarta, kelompok KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta bersinergi dengan Paguyuban Pedagang 'Ayem Tentrem' dari Pasar Beringharjo Timur untuk membuat video iklan dengan tujuan untuk mengangkat Pasar Beringharjo yang sudah dapat dijangkau secara online melalui platform belanja Tokopedia. Setelah melalui banyak proses diskusi untuk merancang video tersebut agar terlihat menarik, pada 29 Januari 2023 kemarin proses pembuatan video iklan berjalan dengan sangat baik. Bertempat di Pasar Beringharjo, para pedagang ikut memberikan kontribusinya secara langsung dalam proses produksi iklan tersebut. Tidak lupa, beberapa petugas dari Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta juga ikut serta dalam melakukan pengawasan dan penjagaan selama berlangsungnya proses pengambilan video. 

Setelah sempat terpuruk akibat dilumpuhkan oleh wabah Covid-19 beberapa waktu lalu, kini Pasar Beringharjo perlahan mulai merangkak bangkit dengan memanfaatkan kekuatan digital, Pasar Beringharjo Online hadir di Tokopedia. Menjadi salah satu contoh bahwa pasar tradisional juga bisa mengikuti perkembangan jaman yang modern, Pasar Beringharjo Online setiap harinya selalu mendapatkan banyak pesanan bahan makanan segar dan komentar serta umpan balik yang diberikan oleh para pembeli pun selalu baik. 

Dok. pribadi

"Hanya saja, non, kami membutuhkan media iklan untuk mempromosikan Tokopedia ini, supaya lebih banyak orang yang tahu, kalau Pasar Beringharjo juga ada di Tokopedia." Tutur Mbak Novi, selaku Sekretaris dari Paguyuban Ayem Tentrem. Sesuai dengan kebutuhan yang ada, iklan digital lah yang lebih banyak menjadi konsentrasi saat ini untuk digarap lebih serius lagi.

Dengan adanya video iklan yang nantinya akan disebarkan melalui banyak media, diharapkan kelompok KKN UMBY kali ini dapat ikut memberikan dampak baik pada perkembangan digitalisasi di Pasar Beringharjo Timur, dan benar-benar dapat menjadi 'pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat', Pasar Beringharjo Timur tampil dengan wajah beda yang lebih modern.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline