Lihat ke Halaman Asli

Maulana Bawono

Pemerintahan Kota Banjarbaru

Rencana Aksi Bela Negara

Diperbarui: 24 Juli 2024   07:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

AGENDA I MATERI 1 

WAWASAN KEBANGSAAAN DAN NILAI BELA NEGARA 

WAWASAN KEBANGSAAN

Wawasan kebangsaa adalah cara pandang bangsa Indonesia dalam rangka mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi oleh jati diri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pncasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi bangsa dan negara demi mencapai Masyarakat yang aman, adil, Makmur, dan Sejahtera. Ada 4 konsesus Dasar Berbangsa dan Bernegara :

1. Pancasila

2. Undang-Undang Dasar 1945

3. Bhinneka Tunggal Ika

4. Negara Kesatuan Republik Indonesia

NILAI-NILAI BELA NEGARA

Pengertian Bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku serta tindakan warna negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa Indonesia dan Negara dari berbagai Ancaman. Kesadaran Bela Negara ditumbuhkan dari kecintaan pada Tanah Air Indonesia, tanah tumpah darah yang menjadi ruang hidup bagi warga Negara Indonesia.

Pembinaan Kesadaran Bela Negara adalah segala usaha, tindakan, dan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memberi pengetahuan, Pendidikan, dan/atau pelatihan le[ada warna negara guna menumbuhkan sikap dan perilaku serta menanamkan nilai dasar Bela Negara. Pembinaan Kesadaran Bela Negara diselenggarakan di linkup : Pendidikan, Masyarakat, dan pekerjaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline