Lihat ke Halaman Asli

Anaya Aprilianti

Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam UMJ

Bangun dan Laksanakanlah Dhuha..

Diperbarui: 20 Mei 2023   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 https://id.pinterest.com/pin/146296687870200250/

Bismillahirrohmanirrohim.. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Teman-Teman yang diberkahi Allah swt.. di bulan suci ramadhan ini adalah waktu dimana kita sebagai umat muslim diberi kesempatan untuk memperbaiki diri dan selalu istiqomah dalam menjalankan sunnah- sunnahnya..terutama kegiatan shalat dhuha. yang dimana shalat dhuha ini memiliki banyak manfaat diantaranya : 

1.  dapat memperlancar rezeki 

2.  dapat mempermudah segala urusan

3. dibuatkan pintu khusus di surga 

4.terhindar dari keburukan 

5.melancarkan peredaran darah 

6.ladang memperoleh keuntungan

7.menyehatkan jasmani dan rohani 

sholat dhuha bisa dilaksanakan  dengan 2 rakaat,4 rakaat ,6 rakaat bahkan sampai 12 rakaat.

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim).

Dengan itu kita selaku umat islam sempatkanlah waktu kita sebentar untuk melaksanakan sholat dhuha yang mana bisa dilasanakan minimal 2 rakaat dan maximal 12 rakaat.Keutamaan shalat dhuha bagi yang rutin melaksanakannya pahalanya sama seperti jika kita bersedekah.sedekah yang dimaksud ialah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh.khususnya dibulan suci ramadhan ini kita memperbanyak amalan amalan seperti istiqomah melaksanakan yang sunnah bukan hanya shalat dhuha saja tapi shalat tahajjud juga dan shalat shalat sunnah lainnya. shalat dhuha ini tentu mempunyai keistimewaanya nya tersendiri terutama dari berbagai keutamaannya yang sudah dipaparkan diatas.

Berikut Doa yang dianjurkan setelah melaksanakan Shalat Dhuha :


اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

yang artinya :  "Ya Allah, bahwasanya waktu dluha itu waktu dluhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline