Lihat ke Halaman Asli

Bebaskan Diri dari Ketakutan Ketertinggalan

Diperbarui: 3 Juli 2024   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Viva.co

Siapa disini yang tidak asing dengan apa sih itu Fear Of Missing Out atau yang sering dikenal dengan sapaan FOMO? Dalam Bahasa Indonesia FOMO memiliki arti "takut ketinggalan". FOMO merupakan ketakutan atau kekhawatiran bahwa seseorang akan melewatkan sesuatu yang menyenangkan, menarik, atau penting yang sedang ataupun akan terjadi. Hal ini sering kali berkautan dengan media sosial dan kecenderungan untuk membandingkan kehidupan seseorang dengan kehidupan orang lain yang kelihatannya lebih sempurna atau lebih menarik secara visual.

Di era yang digital dan modern ini, media sosial dan teknologi informasi lainnya sangat membawa dampak dalam berbagai sisi bagi banyak kalangan. Hal ini membuat cara pandang, berinteraksi, berkomunikasi dan bahkan cara berpikir yang berbeda. Maka dari itu kebanyakan orang lebih mementingkan ego dan juga gengsi yang mereka miliki, sehingga menyebabkan rasa tidak mau kalah dari orang lain yang mengakibatkan banyak orang di berbagai kalangan merasakan "FOMO".

Salah satu contoh yang barusan terjadi adalah ke-FOMOan dalam menonton bola. Ada banyak orang yang menonton bola bukan karena mereka menyukai sepak bola atau mendukung tim tertentu, melainkan hanya untuk mengikuti tren dan tidak ketinggalan momen ramai-ramai. Hal tersebut terjadi karena keinginan untuk mendapatkan pengakuan sosial dan terlihat "keren" di mata orang lain. 

Mereka memposting foto atau video di media sosial saat menonton bola, meskipun sebenarnya mereka tidak mengerti apa yang terjadi di lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa FOMO nonton bola lebih banyak didorong oleh keinginan untuk eksis daripada kecintaan terhadap sepak bola itu sendiri.

instagram.com/lingkar.sepakbola

Seperti foto yang di tampilkan diatas terdapat banyak pro dan juga kontra yang disebabkan oleh beberapa sudut pandang. Banyak orang yang mengomentari bahwa mereka hanyalah FOMO dikarenakan tidak menggunakan Jersey Timnas dan juga tidak mengerti permainan sepak bola melainkan hanya menonton ikut ramai saja. Tetapi ada juga beberapa pihak yang mengatakan bahwa hal ini merupakan kemajuan dalam sepak bola dikarenakan penonton perempuan lebih dapat menjaga ketertiban sehingga kericuhan dalam bentuk aksi sangatlah tidak memungkinkan untuk terjadi.

Maka dari itu apabila perasaan FOMO tidak dapat dikendalikan bisa menimbulkan banyak dampak negatif seperti kelelahan, stres, depresi, dan lain sebagainya. Perasaan tersebut membawa pengaruh kepada diri seseorang yang tidak merasa puas terhadap kehidupan yang dialaminya dan dimilikinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kita harus menjadi diri kita sendiri agar kita terbebas dari rasa ketinggalan tersebut.

Source:

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13931/Fear-Of-Missing-Out-FOMO-Ketakutan-Kehilangan-Momen.html

https://www.idntimes.com/men/attitude/amp/ach-1684312728-koq/ciri-seseorang-mengalami-fomo-c1c2

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline