Lihat ke Halaman Asli

Anastasya

Mahasiswa- pelajar

Melatih Motorik Halus dan Kasar pada Anak Usia dini Melalui Permainan Sederhana

Diperbarui: 29 Oktober 2023   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Surabaya, 21 oktober 2023. Mahasiswa dari Fakultas Psikologi angkatan 2023, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Anastasya Putri Cahyani dengan NIM 1512300063 bersama Teman temannya Siska Fitri, Zileiha Talitha,dan Della Anggraeni Sudah melaksanakan kegiatan turun lapangan untuk mengaplikasikan permainan untuk melatih motorik di murid TK Iskadar Said Kendangsari, Surabaya. Dengan dosen mata kuliah Psikologi Perkembangan kelas B, ibu Sayidah Aulia Ul Haque, M.Psi., Psikolog. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kemampuan Motorik Kasar dan Halus pada anak.

Dalam kegiatan turun lapangan di TK mahasiswa ini mengaplikasikan  permainan dengan Tema yang diusung yaitu "Melatih Kemampuan menempel, melompat,mengenal warna dan macam macam bangun ruang", yang meliputi kemampuan menempel yang dimiliki anak , melompat, dan mencocokkan dengan jumlah bangun ruang. Mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar pada anak hendaknya dengan hal yang menyenangkan, menarik dan menggunakan alat yang sesuai dengan anak. Maka dari itu alasan memilih kegiatan tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam hal merancang dan mengoptimalisasikan pemanfaatan media dalam proses pembelajaran dan kurangnya daya tangkap anak tentang materi pembelajaran yang disampaikan.

Docprib

Kegiatan ini dilakukan dengan mengaplikasikan Bangun Ruang pada kertas origami, menempel, dan memaparkan materi pada anak-anak TK dan guru yang ada di TK Iskandar Said dengan jumlah anak anak 21 orang.

Untuk membuat guru dan anak-anak agar lebih menguasai media pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas serta melatih kemampuan Mengenal Bangun Ruang

DocPrib

Semoga setelah diadakannya kegiatan ini anak-anak lebih meningkatkan kemampuan berhitung yang telah diberikan guna mempengaruhi proses belajar di jenjang yang akan datang.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, mendapat tanggapan dan dukungan dari guru dan anak-anak, hal ini dikatakan oleh guru bahwa kegiatan turun lapangan di TK Iskandar Said ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dan guru dalam hal menambah wawasan baru terkait permainan yang dapat melatih motorik halus dan kasar pada anak usia dini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline