Lihat ke Halaman Asli

Menghadapi Perkembangan Globalisasi

Diperbarui: 26 November 2020   06:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Globalisasi adalah suatu integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia. Fenomena ini melibatkan integrasi ekonomi, budaya, teknologi, ilmu pengetauan, kebijakan pemerintah dan gerakan politik di seluruh dunia. Globalisasi bukanlah hal yang baru, banyak kerajaan besar dan gerakan keagamaan dulu, telah mengalami globalisasi.

Ada beberapa faktor pendorong yang bisa mempercepat globalisasi seperti kemajuan pengetauan dan teknologi, kemajuan dalam bidang transportasi (seperti mobil listrik), sistem perekonomian negara-negara terbuka, hadirnya perdangangan bebas dan kerjasama atau hubungan antar negara.

Selain faktor pendorong yang mempercepat globalisasi, ada juga faktor yang menghambat globalisasi. Faktor yang meperlambat globalisasi adalah daerah yang terpencil sehingga tidak ada sinyal yang masuk. Masyarakat yang masih terlalu tradisional dan percaya tahayul. 

Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain sehingga tidak mengetaui perubahan di luar masyarakatnya. Terbelakangnya pendidikan dan ilmu pengetauan, adanya rasa takut akan trjadi kegoyahan. Ikatan adat-istiadat yang masih kuat.

Globalisasi memiliki beberapa pengaruh di beberapa bidang, seperti dibidang budaya pengaruhnya adalah berkembangnya modernisasi dunia. Dengan adanya modernisasi ini maka setiap daerah seolah memiliki perubahan budaya dan perubahan gaya hidup. Ada juga pengaruh dalam kemajuan dan peningkatan SDM, SDM menjadi semakin terampil dan berkualitas.

Selain dibidang budaya globalisasi juga mempengaruhi perekonomian. Seperti kerativitas menigkat, karena seiring berkembangknya zaman diperlukan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan potensi. Sehingga hal ini nantinya akan berguna. Munculnya globalisasi juga bisa membuat seseorang menanamkan investasi di negara lain

Dibidang sosial juga bisa memunculkan sikap individualis, sekarang kebanyakan orang melakukan kontak dan komunikasi hanya melalui media internet. 

Dengan adanya internet maka orang akan melakukan kontak dan komunikasi dari jarak yang jauh dan ini sebenarnya dapat menciptakan sikap individualisme. Selain individualis hal ini juga bisa menyebabkan materialisme meningkat, berkembangnya hedonisme, adanya pragmatis.

Globalisasi bisa memberikan dampak negatif dan dampak positif. Dampak positif di globalisasi Antara lain pendidikan Indonesia menjadi meningkat karena sekarang dengan adanya teknologi pendidikan minat masyarakat menuntut ilmu menjadi sangat tinggi, kesehatan masyarakat juga meningkat karena dengan adanya teknologi masyarakat memiliki kesadaran untuk meningkatkan kesehatan fisik maupun mental mereka.

Kesejahteraan keluarga, dahulu keluarga cenderung menyukai keluarga besar dengan memiliki banyak anak. Di era globalisasi, terjadi pergeseran untuk memiliki keluarga kecil agar lebih sejahtera. Kehidupan politik penyelenggaraan politik jauh lebih demokratis dan terbuka dengan melaksanakan pemilihan umum atau pemilu. 

Kegiatan ekonomi adanya kemudahan dalam melaksanakan ekspor ke pasar global. Dengan begitu, devisa negara akan semakin meningkat. Sosial dan budaya, semakin bertambah wawasan seni dan budaya asing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline