Lihat ke Halaman Asli

Anas Mutiah

Mahasiswa

KKN Covid UNS Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Kesehatan serta Bantu Proses Belajar Mengajar dengan Membuat Modul bagi Siswa SD-SMP

Diperbarui: 10 Juli 2020   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sidoarjo (06/07/2020) - Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini tak kunjung usai tidak menyurutkan semangat mahasiswa UNS untuk melakukan KKN di kampung halamannya masing-masing. KKN yang awalnya dijadwalkan bulan Juli-Agustus ini pun dilaksanakan lebih awal yakni mulai tanggal 1 Mei hingga 19 Juni dengan tema berkaitan dengan COVID-19. Harapannya KKN ini bisa membantu masyarakat di tengah-tengah pandemi COVID-19  baik dari segi kesehatan, perekonomian maupun pendidikan.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa UNS selama KKN COVID. Salah satunya yakni sosialisasi dan edukasi mengenai COVID-19 dan pemahaman hal-hal dasar tentang bagaimana cara menyimpan, cara membuang obat, dan lain-lain kepada masyarakat seperti yang dilakukan oleh Anas Muti'ah Syahrul Azizah (M0617004), mahasiswa FMIPA UNS program studi S1 Farmasi ini.

"Banyak masyarakat yang masih kurang faham mengenai COVID-19 dan kurangnya kesadaran dalam mencegah penyebaran COVID-19 serta banyaknya info-info hoaks yang beredar menjadikan sosialisasi dan edukasi penting untuk dilakukan. Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara langsung dan juga online melalui media sosial seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram. Kegiatan selama KKN yang dilaksanakan secara langsung juga dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan" ujarnya.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi ini dilakukan bersamaan dengan pembagian alat pelindung diri yang dibutuhkan selama masa pandemi seperti masker dan handsanitizer. Anas juga melakukan kegiatan lainnya seperti pembagian makanan kepada warga yang kurang mampu di daerah kampung halamannya yakni RT. 33/08 Kel. Krian, Kec. Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

Selain itu, ia beserta teman kelompok KKN-nya juga membuat modul pembelajaran bagi siswa SD-SMP yang kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring akibat minimnya fasilitas yang dipunyai. Selanjutnya, modul ini diberikan kepada Dinas Pendidikan Kota Batu untuk disebarkan ke sekolah dan diberikan kepada siswa yang membutuhkan.

Berbagai macam kegiatan yang dilakukan selama KKN ini tidak terlepas dari bantuan Ketua RT setempat, Dinas Pendidikan Kota Batu dan juga arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline