Lihat ke Halaman Asli

Pekan Olahraga Desa, Pakuwon Cup 2023: Masyarakat Bersaing Dengan Sportivitas Dan Semangat Juang

Diperbarui: 3 September 2023   23:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: Penulis

Pekan Olahraga Desa adalah kegiatan perlombaan olahraga tahunan yang diadakan oleh Desa Pakuwon yang mana kegiatan perlombaan olahraga ini diberi nama kegiatan Pakuwon Cup. Pakuwon Cup 2023 ini adalah perlombaan pordes yang ke tiga kalinya diadakan sehingga kegiatan di tahun 2023 ini dinamakan Pakuwon Cup 3.

Kegiatan pakuwon cup 2023 ini dilaksanakan pada 7 agustus hingga 22 agustus, kegiatan ini sekaligus memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 78 yang mana di waktu yang sama mahasiwa Universitas Pendidikan Indonesia sedang berada di desa Pakuwon untuk pengabdian pada masyarakat atau kuliah kerja nyata. Kepala Desa Pakuwon Babang Nurjaman S.Pd.I ingin menerlibatkan mahasiswa dalam kegiatan pakuwon cup ini agar kegiatan lebih menarik dan lebih meriah.

Pakuwon Cup ini di ikuti dari enam desa yaitu Desa Pakuwon, Desa Pamulihan, Desa Simpang Sari, Desa Sirnagalih, Desa Pangauban, dan Desa Cipaganti. Peserta dari berbagai desa ini membuat pertandingan semakin menarik, sehingga pakuwon cup ini bisa dikatakan sebagai ajang silaturahmi juga memberikan wadah untuk mengembangkan prestasi.

Di tanggal 7 agustus 2023 panitia penyelenggara Pakuwon Cup 3 beserta mahasiswa KKN UPI melakukan teachnical meeting untuk pelaksanaan pekan olahraga desa yang dilaksanakan di gor desa pakuwon yang mana cabang olahraga yang dipertandingkan adalah permainan bulu tangkis. Peserta dibagi menjadi 3 kategori atau tingkatan, yaitu pool a, b, dan c. pool a, b, c tersebut adalah kategori atau level dari peserta yang sudah mahir hingga peserta pemula. Tujuan dibagi kategori tersebut untuk menyeimbangkan peserta di setiap timnya.

Peserta pool a mencapai 19 tim, peserta pool b mencapai 28 tim, dan peserta pool c mencapai 20 tim. Pertandingan bulu tangkis ini hanya mengadakan ganda putra dengan sistem pertandingan menggunakan sistem gugur ganda.

sumber: Penulis

Pada tanggal 22 Agustus 2022 partai final yang di hadiri tokoh – tokoh masyarakat, dan disertai dengan doorprize membuat pertandingan final semakin heboh dan banyak masyarakat yang juga hadir di partai final ini. Camat Cisurupan Odik Sodikin, S.Sos, M. Si. berharap bahwa pordes, pakuwon cup ini  terus diadakan untuk memberikan wadah pemuda berprestasi sehingga menciptakan atlet berprestasi dan mengharumkan nama baik Kecamatan Cisurupan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline