Lihat ke Halaman Asli

Indonesia, Cintaku Padamu Terstruktur, Sistematis dan Masif !

Diperbarui: 18 Juni 2015   03:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hari ini 17 Agustus 2014, Indonesia berulang tahun yang ke - 69. Usia yang lebih dari dewasa tentunya jika  kita analogikan dengan usia manusia biasa. Namun, sedewasa apakah Indonesia saat ini ?

Tentu sangat luas dan kompleks tentunya jika mengkaji dan menelaah kedewasaan Indonesia dari semua aspek yang terkait dengan maju dan mundurnya Indonesia. Indonesia dari segi sisi geografis saja memang dikenal dengan negara yang memiliki wilayah yang sangat luas. Belum lagi dari sisi budaya, suku bangsa dan kekayaan sumber dayanya, Indonesia sesungguhnya adalah negara yang sangat besar dan untuk menilai kedewasaannya diperlukan sikap dengan rasa cinta yang dibangun atas dasar niat dan tindakan yang Terstruktur, Sistematis dan Masif.

Dengan mencintai, biasanya kita semakin mengenal kedewasaan sesuatu yang kita cintai. Begitu juga dengan Indonesia, ketika kita semakin mencintai dan menyayanginya sebagai sebuah bangsa dan negara maka semakin kita tahu cara untuk membuat Indonesia selalu kokoh dan maju diantara negara-negara lain.

Cinta Terstruktur

Mencintai Indonesia dengan terstruktur adalah dengan semangat mempersiapkan dan merencanakan segala sesuatu karya dan pengabdian kita untuk Indonesia dengan cara mengatur dan menyusun setiap langkah pendidikan kita yang bernuansa kebangsaan dan berideologikan Pancasila.

Semangat ini bisa kita mulai dari diri dan keluarga kita, seperti dengan memprioritaskan anak-anak kita untuk mengenyam pendidikan yang Indonesia sebenarnya dan jauh dari doktrin dan paham asing.

Cinta Sistematis

Cinta yang sistematis terhadap Indonesia dapat kita wujudkan dengan membentuk tatanan dan sistem demokrasi Indonesia yang sesuai dengan falsafah budaya bangsa. Kita tidak harus selalu mendewakan sistem demokrasi negara lain dan menerapkannya di Indonesia yang pada akhirnya akan meruntuhkan nilai dan tujuan dasar bangsa Indonesia.

Mewujudkan tatanan dan sistem hukum di Indonesia juga merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Cinta Indonesia yang Sistematis. Penegakan hukum yang setara dan tidak kenal pandang bulu akan menjadikan Indonesia menjadi lebih tertata dan berwibawa.

Cinta Masif

Keutuhan dan kesatuan bangsa adalah kunci dari cara untuk mewujudkan Cinta Masif terhadap Indonesia. Mencintai Indonesia dengan masif merupakan perwujudan dari mempertahankan kebhinnekaan Indonesia dengan semangat saling menjaga rasa nasionalisme di setiap generasi Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline