Lihat ke Halaman Asli

Anarta Cahyadiatma

Undregraduate Environmental Engineering Student at UPN "Veteran" Jawa Timur

Pelatihan Foto Produk Dukuh Mulyomukti oleh Mahasiswa KKN

Diperbarui: 13 Juni 2022   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Pada awal tahun 2020, pandemi Covid-19 resmi berada di Indonesia. Virus yang menular melalui sentuhan fisik dan juga udara ini menyebabkan pemerintah negara di seluruh dunia menegakkan pembatasan sosial, tak terkecuali di Indonesia. Tempat-tempat umum ditutup atau dibuka secara terbatas. 

Bekerja serta bersekolah dilakukan secara daring dari rumah masing-masing. Berbagai kegiatan dibatalkan, ditunda, dilarang ataupun dibatasi. Hal ini jelas memberikan dampak yang sangat besar bagi seluruh masyarakat Indonesia, utamanya lagi para pelaku UMKM yang banyak mengandalkan transaksi mereka secara tatap muka langsung. 

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut banyak dari para pelaku UMKM tersebut yang akhirnya mengalihkan fokus berjualan mereka ke dunia digital. Hasilnya tentu dapat kita rasakan bersama sekarang dimana online shop dapat kita temukan dengan mudah di berbagai platform.

Sayangnya tidak semua para pelaku usaha tersebut benar-benar memahami hal-hal yang dibutuhkan untuk dapat berjualan dengan sukses melalui dunia maya. Salah satu yang masih menjadi permasalahan yang umum kita jumpai adalah rendahnya kualitas foto produk yang mereka tampilkan di platform dagang digital mereka. 

Padahal berdasarkan data yang kami dapatkan dari Weebly, hingga 75% pembeli pada layanan online shop berpendapat bahwasannya foto produk mempunyai andil yang sangat besar dalam mempengaruhi keputusan mereka saat mencari atau bahkan membeli barang.

Mengingat pentingnya memiliki kualitas foto produk yang bagus adalah hal penting dalam berjualan secara digital, mahasiswa KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur mengadakan pelatihan kepada para pelaku UMKM di Dukuh Mulyomukti, keluragan Babat Jerawat, Surabaya, terkait foto produk tersebut. Para mahasiswa dari kelompok 38 KKN ini mengadakan rangkaian pelatihan ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 20 hingga 22 April, 2022.

"Pada intinya sih disini yang kami lakukan adalah membantu membuat katalog foto produk para pelaku UMKM di Dukuh Mulyomukti", jelas Anarta selaku ketua dari kelompok 39 KKN tersebut. "Kegiatan foto produk ini sendiri adalah salah satu pelatihan yang ada dalam rangkaian kegiatan sosilasi KKN kami. Nantinya hasil dari foto produk yang telah dilakukan selama tiga hari ini akan kami gunakan untuk membuat akun media sosial dengan para pelaku UMKM di Dukuh Mulyomukti ini" tuturnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline