Lihat ke Halaman Asli

Anarta Cahyadiatma

Undregraduate Environmental Engineering Student at UPN "Veteran" Jawa Timur

Pengembangan Sosial Media untuk Pelaku UMKM RW 2 Dukuh Mulyomukti oleh Mahasiswa KKN

Diperbarui: 13 Juni 2022   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dewasa ini penggunaan internet dan sosial media adalah salah satu hal  yang cukup umum baik itu pada anak-anak hingga orang tua. Kemudahaan mengakses internet dan sosial media itu membuat lifestyle masyarakat banyak yang berubah. Hal-hal yang dulu tidak bisa kita lakukan secara instan kini dapat dilakukan. Ditambah lagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang menyerang dunia. Keperluan komunikasi, bekerja hingga belanja kita kini cukup sering terjadi melalui internet ataupun sosial media.

Menanggapi kecenderungan perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih sering berbelanja secara online. Mahasiswa KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur dari kelompok 38 mengadakan sebuah sosialisasi untuk melatih ibu-ibu pelaku UMKM RW 2 Dukuh Mulyomukti mengembangkan atau membuat sosial media mereka.

Tujuan dari mereka tentunya adalah untuk membantu pelaku UMKM di Dukuh Mulyomukti tersebut dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman, "Apalagi sekarang ini kan dengan memanfaatkan sosial media kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas dalam menjual produk atau jasa kita", jelas Anarta, mahasiswa KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur kelompok 38.

Para pelaku UMKM di Dukuh Mulyomukti sendiri umumnya lebih banyak berjualan di tempat umum dengan membuka stan-stan makanan. Mereka sendiri juga lebih enggan untuk membuat sosial media ataupun memanfaatkan platform online shop karena "ribet" untuk mengurusnya. Untuk itulah mahasiswa KKN memilih untuk memanfaatkan sosial media instagram karena fitur-fitur yang sudah cukup lengkap dan lebih mudah di operasikan.

"Ibu-ibu disini sendiri beberapa sudah memiliki ig (instagram) dan semuanya memiliki whatssapp sehingga kurang lebihnya mereka sudah sedikit paham tentang cara memakai instagram", jelas Nimas,mahasiswa KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur kelompok 38.

Pembuatan sosial media ini sendiri juga tidak tanpa persiapan sebelumnya. Sebelumnya mahasiswa KKN telah mengadakan serangkaian sosialisasi seperti sosialiasi tentang business plan, logo, foto produk, dan lain-lainnya. Pembuatan sosial media ini menjadi salah satu sosialisasi puncak dalam rangkaian kegiatan KKN mereka.

"Kami telah mengadakan sosialiasi tentang foto produk sebelum ini, jadi memang kami telah membuat timeline dimana nantinya sosial media yang baru dibuatkan ini bisa segera memiliki isi konten dari foto-foto produk yang dimiliki masing-masing pelaku UMKM", jelas Komang, mahasiswa KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur kelompok 38.

Harapannya dengan dilakukan pelatihan ini tentunya dapat membantu pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan memperluas jangkauan pasar produk mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline