Lihat ke Halaman Asli

Media Belajar Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar Teknik pada Siswa SMK

Diperbarui: 28 November 2022   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembuatan Media Belajar Interaktif Powerpoint  Untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Gambar Teknik Pada Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 7 Kabupaten Tangerang. Penulis sudah berhasil membuat media belajar interaktif yang berbasis gawai handphone dan bisa diakses secara offline. Selama proses pengecekan keefektifan media belajar interaktif ditemukan beberapa kesimpulan yang di bisa diterapkan adalah sebagai berikut

  • Peningkatan kemampuan membaca gambar teknik yang didapatkan selama kegiatan penerapan media pembelajaran interaktif adalah kenaikan rata-rata hasil post test sebesar 11,8 point. Skor rata-rarta pre test adalah 45,91 dan skor rata-rata post 3 adalah 57,71. Dengan kategori N-Gain (Peningkatan) yaitu sedang.
  • Menggunakan media digital dalam kegiatan pembelajaran baik dalam proses pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran sebagai langkah awal dalam membangun kemampuan dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu prasyarat penggunaan platform teknologi dalam digitalisasi sekolah penggerak.
  • Menggunakan media digital yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
  • Mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah kertas (paperless) sehingga dapat membantu melestarikan lingkungan.
  • Menggunakan media digital belajar interaktif dapat memudahkan tugas guru untuk mentransfer ilmu yang bersifat abstrak

Keterbatasan dan Kendala yang dialami selama melakukan penelitian dan pembuatan media pembelajaran ini adalah sebagai berikut:

  • Pengaturan jadwal untuk melakukan pelaksanaan aktualisasi masih sering bentrok dengan mata pelajaran lain dikarenakan jadwal masih menggunakan PTM Terbatass, sehingga penulis harus mencari jadwal lain yang tidak mengganggu kegiatan belajar lainnya.
  • Siswa belum memiliki motivasi untuk belajar mandiri tanpa bimbingan, karena proses pembelajaran jarak jauh yang terlampau lama dan berpengaruh juga terhadap daya serap terhadap materi yang disuguhkan. Sehingga penulis perlu memberikan motivasi dan pembimbingan untuk menerapkan media belajar interaktif.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline