Lihat ke Halaman Asli

Sistem Informasi Berbasis Komputer

Diperbarui: 2 Juni 2016   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sudah tentu jika komputer memainkan peranan yang sangat penting dalam sebuah sistem informasi. Pada saat ini sistem informasi sudah terkemas dalam komputer dalam bentuk aplikasi-aplikasi yang terprogram dalam sebuah komputer, yang sudah jelas tentunya dibutuhkan dan diperlukan dalam sebuah perusahaan, perkantoran, maupun instansi-instansi yang membutuhkan. Walaupun dari segi teori, penerapan sebuah sistem informasi tidak selalu atau tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya atau implementasinya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik tanpa adanya komputer. 

Hal ini bersumber dari dua sebab : yang pertama bisnis yang semakin rumit dan kompleks. Yang kedua adalah kemampuan komputer yang semakin baik. dimana dalam hal ini komputer tak lagi menjadi sesuatu yang yang mewah atau istimewa akan tetapi komputer pada saat ini telah menjadi alat atau peralatan yang dibutuhkan, misalnya dalam sebuah kantor atau perusahaan yang pada saat ini tidak ada yang tidak memanfaatkan atau tidak menggunakan sebuah komputer sebagai peralatan kantor banyak yang sudah menggunakan komputer sebagai alat yang dibutuhkan.

Banyak perusahaan dan instansi-instansi yang menggunakan sistem informasi berbasis komputer karena sistem informasi yang akurat dan cepat serta berkualitas dimana pengelolaan informasinya yang berbasis pada komputer. Pada zaman modern ini semua sudah serba canggih dimana semua sudah bisa tertata dan terprogram dengan baik. Di dalam komputer sudah banyak menyediakan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dan dapat melakukan tugas sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh penggunanya. Tentunya pada saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa banyak aplikasi yang berbasis komputer yang mana kita sendiri sudah banyak mengetahuinya dalam buku-buku maupun di situs medsos yang ada seperti halnya:

  • SIA (Sistem Informasi Akuntansi)
  • SIM (Sistem Informasi Manajemen)
  • DSS (Sistem Pendukung Keputusan)
  • OA (Otomatisasi Kantor)
  • ES (Sistem Pakar)
  • EIS (Sistem Informasi Eksekutif)

Aplikasi tersebut sudah tidak sukar lagi dan dimana-mana sudah diterapkan dalam sebuah perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi yang membutuhkan aplikasi tersebut sebagai pe rangkat untuk menetapkan tujuan dalam manajemen perusahaan dan berdaptasi dari kecanggihan teknologi yang sudah marak dan membuming. Hal tersebut merupakan bagian dan peran penting teknologi informasi bagi setiap perusahaan. Tidak hanya itu, banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diambil dari adanya sistem berbasis komputer tersebut walaupun demikian masih ada terselip kelemahan-kelemahan dalam setiap sistem-sistem yang sudah ditawarkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline