Lihat ke Halaman Asli

Ananta Shila

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Peran Manajerialship dalam Meningkatkan Produktivitas Mahasiswa

Diperbarui: 29 September 2024   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi mahasiswa aktif (.pexels.com)

Era pendidikan seperti sekarang ini sangatlah tinggi dan semakin kompetitif yang dimana tantangan yang dialami oleh mahasiswa semakin kompleks. Peran majerialship termasuk dalam salah satu faktor kunci dalam meningkatkan produktivitas mahasiswa yang dimana mereka bisa menjadi manager bagi dirinya sendiri dan menjadi indikator utama suatu keberhasilan bagi suatu institusi. Artikel ini akan mengulas bagaimana peran majerialship dalam meningkatkan produktivitas mahasiswa.

1. Definisi tentang majerialship

Majerialship adalah kemampuan dimana para mahasiswa dapat mengelola secara efektif seperti dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian terhadap waktu, tugas, sumber daya yang dimiliki, dan kolaborasi anggota kelompok. Dengan majerialship yang baik mahasiswa dapat menciptakan pikiran yang lebih fokus dan terarah dalam mencapai tujuan dan pengembangan diri mereka.

2. Pengelolaan waktu dengan efektif dan efisien

Tantangan bagi mahasiswa yaitu mengatur waktu. Mahasiswa harus dapat mengatur waktunya dengan baik antara berkuliah, mengerjakan tugas, dan aktivitas lainnya. Selain itu, harus bisa manajemen waktu yang harus diprioritaskan terlebih dahulu sesuai tingkat urgensi dan pentingnya seperti membuat daftar tugas, menggunakan aplikasi pengingat agar menjadi lebih produktif dan teratur setiap tugas yang dikerjakan untuk menghindari penundaan tugas dan lebih efisien.

3. Membangun jaringan dan kolaborasi

Mahasiswa harus mempunyai kemampuan bekerja sama dengan tim. Selain itu, mempunyai kemampuan untuk aktif dalam berkolaborasi dengan dosen, teman, kakak tingkat ataupun alumni untuk memperoleh wawasan dan peluang untuk mendukung pengembangan diri baik dari akademis maupun non-akademis yang bisa menjadi bekal untuk karier mereka nantinya. Dengan bekerja sama secara kelompok juga dapat mengembangkan keterampilan yang bisa membuat pertukaran informasi (interpersonal) yang penting bagi diri mereka.

4. Kemampuan berkomunikasi

Sebagai mahasiswa berkomunikasi secara jelas, mudah dipahami, dan efektif sangatlah penting, baik bagi dirinya sendiri ataupun jika sedang berkelompok. Berdiskusi dalam kelompok juga termasuk dengan komunikasi yang dimana memiliki umpan balik antar anggota kelompok yang dapat mempercepat penyelesaian tugas dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi atau berpendapat.

5. Dapat memotivasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline