Lihat ke Halaman Asli

Nanang Budi Santoso

Hidup lebih berarti jika bermanfaat buat orang banyak

Tanda-tanda Matic Mobil Mulai Bermasalah

Diperbarui: 10 November 2022   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: galerimobilmu.blogspot.com

Mobil matic atau CVT saat ini populasinya begitu banyak,apalagi di daerah perkotaan yang sering mengalami macet.Para pengendara memilih mobil matic karena di rasa lebih mudah dan simple.Selain lebih mudah pengoperasiannya karena hanya menggunakan 2 kaki dan pedal,juga mengurangi tenaga/efek capek pada kaki saat di kendarai di jalan padat yang sering macet.

Mobil ini saat ini jadi trend bagi kaum hawa.Namun harus perlu di perhatikan bagi pengendara untuk mengerti bagaimana pengoperasian dan tanda tanda matic mobil bermasalah.Karena perbaikan transaxle matic lebih mahal dari pada manual.

Berikut ini tanda-tanda mobil matic anda mulai bermasalah.

1.Saat dingin atau di pagi hari posisi shift lever di D ga mau jalan

Ini merupakan tanda yang sering terjadi atau di alami para pemilik mobil.Saat dingin atau pagi hari,shift lever di pindahkan ke posisi D ga mau langsung jalan.Biasanya harus di panasi dulu baru bisa jalan atau memindahkan posisi shift lever ke posisi lain atau L.

Hal ini terjadi karena seal seal piston dalam mekanisme di dalam transmisi anda mulai aus atau keras sehingga saat posisi ATF di suhu dingin piston yang ada di dalam matic anda ga mau beroperasi dengan maksimal karena terjadi kebocoran di sistem ini.Lain halnya,jika pada posisi suhu ATF di dalam matic sudah panas.Panas ini akan membuat seal sedikit memuat sehingga mengurangi kebocoran pada sistem pistonnya.Sehingga aman saat posisi mesin sudah panas.

2.Saat perpindahan Shift Lever terutama saat N ke D terasa Nyentak.

Terjadi karena kampas matic yang sudah aus atau piston piston yang macet pada sistem control valve nya.Biasanya memang karna kampasnya yg sudah terjadi keausan dan harus di ganti.Sehingga perlu di bawa ke bengkel untuk dilakukan overhaul matic mobil anda segera di bengkel terdekat atau langganan.

3.Terasa ga mau pindah gigi di rpm 2000 an atau akselerasi berat.

Terjadi karena kampas yang sudah mengalami keausan dan sistem piston yang tidak bekerja secara optimal pada contol valve matic.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline