Lihat ke Halaman Asli

Teori Komunikasi

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

NAMA: ANANG SULISTIONO

NIM     : 2013230008

TEORI KOMUNIKASI SIMBOLIK

semua pihak yang terlibat dalam suatu interaksi merupakan satu bentuk simbol yang mempunyai arti yang sangat penting.

Perilaku seseorang dipengaruhi oleh simbol yang diberikan oleh orang lain, demikian pula perilaku orang tersebut. Melalui pemberian isyarat berupa simbol, maka kita dapat mengutarakan perasaan, pikiran, maksud, dan sebaliknya dengan cara membaca simbol yang ditampilkan oleh orang lain.terkadang seseorang saat berinteraksi tidaksadar akan simbol-simbol yang telah di isyaratkan oleh seseorang yang kita perhatiakan hanya bagaimana orang tersebut bercerita kepada kita dan komunikasi simbolik tidak hanya saat kita berkomunkasi saja melinkan dari setiap hari kita jumpai di jalan-jalan,di tembok-tembok dan lain sebaginya. symbol juga banyak di gunakan di perusahaan-perusahaan untuk mempromosikan mereknya atau Cuma bentuk logo saja

contoh : makedonal menggunakan logo huruf M saja tapi orang-orang saat melintasi dan melihat logo tersebut langsung mengerti kalau itu adalah mikedonnals

mungkin masih banyak lagi symbol-symbol di sekitar kita,memang benar orang sekarang cenderung melihat barang dari segi merek atau symbol karena dengan symbol orang bisa dianggap punya sesuatu yagn berdeda apa lagi mengenai dengan barangyang mewah dengan nama yang sudah terkenal dan dengan harga yang fantastis mereka pastinya berbondong-bondong untuk membeli barang tersebut.coba lihat setiap orang kewarung contohnya mau beli air mineral saja bilangnya AQUA,mau beli shampoo bilangnya emeron,mau beli mobil langsung bilang BMW padahal ang dibeli orang tersebut adalah symbol atau merek tapi kalu dalam komunikasi symbol uti berupa isyarat,tingkah laku, jadi kita bisa tau apa yang di maksud orang tersebut kepada kita agar dapat fed back yang dimaksud sedangkan dalam symbol untuk barang kita bisa mengukurnya lewat merek yang sudah terkenal di pasaran.

Pertukaran informasi (simbol-simbol) melalui sebuah interaksi antar individu menghasilkan kesamaan makna yang akan digunakan untuk acuan-acuan dalam berkomunikasi dan menjadikan komunikasi lebih mudah untuk dijalankan, tapi untuk orang yang tidak terlalu peka dengan symbol-simbol yang di berikan maka pertukarang informasi juga akan gagal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline