Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN 40 UNS Mengadakan Program Pelestarian dan Pengenalan Bangunan Bersejarah Ponten Ngebrusan Mangkunegaran

Diperbarui: 5 September 2022   19:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Dokpri )

Kestalan, Surakarta – Kelompok KKN 40 UNS melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema besar “Pelestarian dan Pengenalan Bangunan Bersejarah Ponten Ngebrusan” yang diselenggarakan sejak Kamis (14/7/2022) - Kamis (25/8/2022).

Diketahui bahwa Kelurahan Kestalan memiliki sebuah bangunan bersejarah yaitu Ponten Ngebrusan Mangkunegaran yang kondisinya kurang terawat dan pemanfaatannya masih kurang maksimal.

Namun sebenarnya Ponten Ngebrusan Mangkunegaran ini memiliki potensi yang masih bisa dimaksimalkan dengan baik, karena ini merupakan bangunan bersejarah yang masuk dalam situs cagar budaya.

Untuk itu, mahasiswa KKN 40 UNS melakukan beberapa program kerja yang berhubungan dengan “Pelestarian dan Pengenalan Bangunan Bersejarah Ponten Ngebrusan” dengan tujuan melestarikan kembali dan mengenalkan kepada masyarakat sekitar khususnya generasi muda mengenai Ponten Ngebrusan Mangkunegaran itu sendiri.

Kegiatan ini didukung oleh Suyono, S.KM selaku Lurah Kestalan, serta disambut dengan baik para generasi muda seperti Karang Taruna Indonesia dan Forum Anak Kestalan. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu kerja bakti di area Ponten Ngebrusan Mangkunegaran, selain kerja bakti para mahasiswa juga melakukan perawatan alat-alat kebersihan dan peletakan kembali tempat sampah di area Ponten Ngebrusan Mangkunegaran.

Selang beberapa hari kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan permainan edukasi sains dan eksperimen kimia sederhana yang dilakukan di halaman Ponten Ngebrusan Mangkunegaran, kegiatan diikuti dengan antusias para anak-anak usia Sekolah Dasar di wilayah Kestalan. Di minggu berikutnya mahasiswa KKN 40 UNS mengadakan kegiatan pengenalan dan pemanfaatan hidrogel sebagai media tanam tumbuhan, kegiatan ini juga  diikuti dengan antusias para anak-anak usia Sekolah Dasar di wilayah Kestalan.

Selain itu, mahasiswa KKN 40 UNS mengadakan program pembuatan merchandise berupa T-Shirt dan Mug Gelas Ponten Ngebrusan Mangkunegaran serta juga mengadakan program pengenalan bangunan bersejarah Ponten Ngebrusan Mangkunegaran menggunakan media sosial instagram pada akun @ponten_ngebrusan, hal ini bertujuan supaya tidak hanya masyarakat sekitar Kestalan saja yang mengetahui Ponten Ngebrusan Mangkunegaran tetapi diharapkan Ponten Ngebrusan Mangkunegaran dapat lebih dikenal masyarakat Indonesia.

Dengan adanya serangkaian kegiatan awal yang telah dilakukan mahasiswa KKN 40 UNS, diharapkan upaya “Pelestarian dan Pengenalan Bangunan Bersejarah Ponten Ngebrusan” ini tidak hanya berhenti sampai disini saja. Para generasi muda melalui Karang Taruna Indonesia dan Forum Anak Kestalan diharapkan dapat meneruskan tongkat estafet upaya “Pelestarian dan Pengenalan Bangunan Bersejarah Ponten Ngebrusan” ini melalui kegiatan serupa atau pemanfaatan lainnya, sehingga Ponten Ngebrusan Mangkunegaran dapat lebih lestari dan lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline