Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Lahan Basah di Kota Banjarbaru dan Sekitarnya

Diperbarui: 15 November 2022   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Lahan basah mencakup suatu rentangan luas habitat pedalaman, pantai, dan marin yang memiliki sejumlah tampakan sama. Konvensi Ramsar 1971 menakrifkan lahan basah yang penting secara internasional sebagai berikut (Dugan, 1990). Lahan basah adalah wilayah rawa, lahan gambut, dan air, baik alami maupun buatan, bersifat tetap atau sementara, berair ladung (stagnant, static) atau mengalir yang bersifat tawar, payau, atau asin, mencakup wilayah air marin yang di dalamnya pada waktu surut tidak lebih daripada enam meter.

Keberadaan lahan basah sangat menarik perhatian, karena jenis lahan ini cocok digunakan untuk berbagai macam area, baik untuk area sawah, perkebunan, dan lain sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengetahui berbagai pemanfaatan lahan basah di Kalimantan Selatan.

Pada artikel ini akan memberikan 5 contoh penjelasan serta pemanfaatan area lahan basah di Kalimantan Selatan. 

*Lahan Basah Sebagai Lahan Pertanian

Pertanian lahan basah merupakan jenis kegiatan pertanian yang memanfaatkan lahan basah. Lahan basah yang dimaksud pada pertanian lahan basah ini adalah lahan yang kontur tanahnya merupakan jenis-jenis tanah yang jenuh dengan air. Itu artinya, tanah pada lahan pertanian basah ini memiliki kandungan air yang tinggi, bahkan tidak jarang lahan pertanian basah ini tergenang oleh air sepanjang waktu. Atau bisa juga lahan pertanian basah ini tidak pernah mengalami kekeringan yang berarti karena memiliki kandungan air yang berlimpah secara alami. Seperti pada gambar diatas kawasan pertanian tersebut berada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Sumber air dari sebuah pertanian dengan lahan basah ini biasanya bisa berupa sumber air alami, seperti lokasi rawa-rawa dan juga daerah hutan bakau, dimana berlokasi dekat dengan sumber air, sehingga wilayahnya selalu memiliki genangan air, ataupun merupakan sebuah lahan yang memang sengaja dialiri oleh aliran air, seperti saluran irigasi.

*Lahan Basah Sebagai Lahan Kebun 

dokpri

Lahan basah juga berguna sebagai daerah yang mampu memberikan sumber pangan bagi masyarakat sekitar, karena kandungan tanah yang subur. Kandungan humus yang kaya sangat cocok untuk bercocok tanam dan dapat digunakan sebagai lahan perkebunan, seperti gambar diatas merupakan salah satu pemanfaatan lahan basah sebagai lahan perkebunan, lokasi perkebunan tersebut berada di Kurnia, Liang Anggang, Kota Banjarbarua

*Lahan Basah Sebagai Lahan Budidaya Sayuran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline