Lihat ke Halaman Asli

Marketing Public Relation bagi UMKM Kelurahan Keramas

Diperbarui: 20 Desember 2022   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tim pengabdi usm memberikan penyuluhan (Dok. pribadi)

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh tim dosen dari Universitas Semarang (USM) yakni Dr. Dra. Nunik Kusnilawati, M.M., Nining Hidayah, S.E., M.M., Anandha, S.S., M.Pd., Dina Kharisma, S.E., M.M.. Kegiatan ini diadakan di Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Mengusung tema Marketing Public Relation, kegiatan ini diadakan di balai kelurahan, Rabu 30 November 2022. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dihadiri oleh 32 pemilik UMKM di Kelurahan Kramas.

Lurah Kramas Kecamatan Tembalang Kota Semarang Yulistiyono, S.E., dalam sambutannya, mengungkapkan terima kasih atas kerja sama pihak Kelurahan Kramas dengan tim PkM USM. Penyuluhan ini diharapkan bisa meningkatkan keahlian pemasaran para pemilik UMKM di wilayah Kramas. Yulistiyono mengungkapkan, pengusaha UMKM yang hadir dalam pelatihan ini dari berbagai macam sektor. Diantaranya adalah pengusaha berbagai olahan bandeng dari otak-otak bandeng hingga bandeng duri lunak, pengusaha minuman kesehatan seperti jahe-temulawak instan, pengusaha yang memberikan layanan jasa bengkel sepeda motor, dan lain sebagainya.

Penyuluhan marketing public relation dipilih sebagai materi penyuluhan karena lewat observasi awal yang dilakukan, ditemukan bahwa pemilik usaha mikro-kecil memerlukan input mengenai bagaimana cara memasarkan produk yang mereka hasilkan. Pemasaran produk yang baik dimulai dari tampilan yang baik. Hal ini dikemukakan Dr. Dra. Nunik Kusnilawati, M.M. sebagai pembicara utama dalam kegiatan tersebut. Dosen Prodi Manajemen USM ini kemudian memberikan contoh bagaimana cara membuat tampilan produk agar lebih eye-catching “Bisa menggunakan berbagai aplikasi gratis di internet misalnya canva atau menggunakan photoshop,” ungkapnya.

Pada sesi tanya jawab, para peserta dengan aktif bertanya mengenai format apa yang dapat digunakan untuk membuat tampilan agar lebih menarik. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini dibuktikan dengan keaktifan peserta dalam bertanya.

Tujuan dari diselenggarakannya pengabdian ini adalah peningkatan pemanfaatan media sosial sebagai salah satu cara efektif pemasaran produk UMKM. Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, para pemilik UMKM diharapkan dapat mengikuti perkembangan terutama dibidang Teknologi Informasi. Melalui pemanfaatan teknologi sebagai marketing public relation, diharapkan pemilik UMKM kemampuan lebih sehingga dapat memasarkan produknya dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline