Lihat ke Halaman Asli

Simak! Cara Memilah Sampah Sisa Makanan dengan Benar

Diperbarui: 12 Agustus 2024   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik.com

Cara Memilah Sampah Sisa Makanan - Di tengah tumbuhnya kesadaran tentang perlunya menjaga bumi kita tetap sehat dan lestari, memilah sampah sisa makanan adalah salah satu langkah kecil namun penting yang dapat kita lakukan. Setiap kali seseorang membicarakan gas rumah kaca dan efeknya, sebagian besar kita berpikir tentang pabrik dan mobil.

Hampir tidak ada yang tahu bahwa sampah sisa makanan dapat meledakkan mereka lebih dari dua kali lipat dan bahkan lima kali lipat. Bahkan jika itu terdengar menyeramkan, membuang makanan adalah masalah besar yang mempengaruhi keberlanjutan dan kesehatan bumi kita.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukannya kegiatan sederhana, seperti memilah sampah sisa makanan dengan benar yang dapat memanfaatkan semua potensi dari sampah sisa makanan. Dalam artikel ini akan membahas tentang sampah dan cara memilah sampah sisa makanan dengan benar.

Apa itu Sampah?

Sampah adalah benda atau material yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari yang sudah tidak berguna atau tidak lagi dapat digunakan, sehingga dibuang. Sampah juga dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik.  

Pengertian Sampah Organik?

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari bahan-bahan organik dan sampah dari sisa aktivitas makhluk hidup, seperti halnya tanaman, hewan, dan manusia. Sampah organik juga memiliki sifat mudah terurai oleh mikroorganisme sampah. 

Pengertian Sampah Anorganik? 

Sampah anorganik adalah sampah dari material-material non hayati yang dibuat manusia. Sebelum menjadi sampah, merupakan benda yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sampah anorganik memiliki sifat sulit terurai atau membutuhkan waktu lama untuk terurai oleh mikroorganisme sampah.

Pentingnya Memilah Sampah Sisa Makanan

Sampah sisa makanan memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan memerlukan pengolahan yang bervariasi, tergantung dari jenis makanan. Dengan memilah sampah, kita dapat memaksimalkan penggunaan dan manfaat dari setiap jenis sampah sisa makanan. Selain itu, memilah sampah juga mempermudah proses pengolahan berbagai jenis sampah sisa makanan di rumah.

Cara Memilah Sampah Sisa Makanan

Untuk memudahkan pengolahan sampah sisa makanan, kamu bisa melakukan kegiatan pemilahan sampah terlebih dahulu untuk mempermudah proses pengolahanan. Dengan berikut ini cara memilah sampah sisa makanan.

1. Mengenali Jenis Sampah

Pertama kali dalam pemilahan sampah sisa makanan, tentu kita harus mengenali apa saja jenis-jenis dari sampah sisa makanan. Seperti, sisa sayuran yang bisa dibuat menjadi pupuk.

2. Mengenali Simbol Sampah

Saat melakukan kegiatan pemilahan sampah, kamu juga harus mengetahui jenis simbol-simbol sampah. Seperti, simbol sampah organik yang dapat diolah kembali.

3. Membedakan Tempat Sampah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline